INDAH, INDAH (2024) TINGKAT MOTIVASI PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET SMP NEGERI 6 KOTA TASIKMALAYA (Studi Deskriptif pada Peserta Didik yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Basket di SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (39kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (754kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (80kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (85kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf Download (76kB) |
|
Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (11kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (89kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (80kB) |
|
Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (100kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (90kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (287kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (132kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
|
Text
14. BAB 5 .pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler bola basket di SMP Negeri 6 Kota Tasikmalaya pada tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan mengumpulkan data melalui angket yang diberikan kepada peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler bola baket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus Saifuddin Azwar, (2016:163) untuk mengkonversikan skor motivasi menjadi lima kategori yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian peserta didik (13 dari 35 responden atau sekitar 37%) memiliki tingkat motivasi yang sedang, faktor ekstrinsik lebih condong untuk mempengaruhi motivasi peserta didik dibanding faktor intrinsik, karena kategori motivasi tertinggi untuk faktor ektrinsik yaitu 40% dalam kategori sedang, sedangkan untuk faktor intrinsik kategori tertingginya sebanyak 34% dalam kategori rendah. Dilihat dari faktor lingkungan memiliki persentase tertinggi sebanyak 60% untuk kategori sedang, faktor keluarga memiliki persentase tertinggi sebanyak 46% untuk kategori rendah, faktor sarana prasarana memiliki persentase tertinggi sebanyak 40% untuk kategori tinggi, faktor guru/pelatih memiliki persentase tertinggi sebanyak 43% untuk kategori rendah. Penelitian ini memberikan pemahaman bagi sekolah dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi peserta didik dalam mengikuti ekstrakurikuler bola basket. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan program ekstrakurikuler bola basket yang lebih efektif dan meningkatkan minat serta partisipasi siswa dalam kegiatan ekstrakurikukler bola basket di sekolah. Kata Kunci : Bola Basket, Ekstrakulikuler, Motivasi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 03:51 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 03:51 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14340 |
Actions (login required)
View Item |