PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI GAGASAN PADA TEKS DISKUSI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IX SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Amelia, Mila (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI GAGASAN PADA TEKS DISKUSI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IX SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (127kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (703kB)
[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN .pdf

Download (249kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (126kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (207kB)
[img] Text
7. BAB-1.pdf

Download (291kB)
[img] Text
8. BAB-2.pdf

Download (543kB)
[img] Text
9. BAB-3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
11.BAB-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (295kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

engidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi gagasan teks diskusi merupakan kompetensi dasar yang harus dipelajari oleh peserta didik kelas IX SMP/MTs berdasarkan Kurikulum 2013. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kesignifikanan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi gagasan teks diskusi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas IX SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian peserta didik kelas IX A berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas IX B berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan nilai rata-rata Prates ke nilai rata-rata Pascates. Nilai rata-rata Prates kelas eksperimen sebesar 48 dan nilai rata-rata Pascates sebesar 88,36 dalam kemampuan mengidentifikasi informasi teks diskusi. Nilai rata�rata Prates kelas eksperimen sebesar 59,75 dan nilai rata-rata Pascates sebesar 89,03 dalam kemampuan menyimpulkan isi gagasan teks diskusi. Nilai rata-rata Prates kelas kontrol sebesar 40,58 dan nilai rata-rata Pascates sebesar 83,17 dalam kemampuan mengidentifikasi informasi teks diskusi. Nilai rata-rata Prates kelas kontrol sebesar 47,08 dan nilai rata-rata Pascates sebesar 81,39 dalam kemampuan menyimpulkan isi gagasan teks diskusi. Persentase pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning di kelas eksperimen sebesar 74% dalam kemampuan mengidentifikasi informasi teks diskusi dan menyimpulkan isi gagasan teks diskusi. Sedangkan persentase pengaruh model pembelajaran Ekspositori di kelas kontrol sebesar 69% dalam kemampuan mengidentifikasi informasi teks diskusi dan menyimpulkan isi gagasan teks diskusi. Hasil uji wilcoxon dengan menggunakan SPSS 22 diperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi gagasan teks diskusi peserta didik kelas IX SMP Islam Bahrul Ulum Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 13 Sep 2024 01:28
Last Modified: 13 Sep 2024 01:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14324

Actions (login required)

View Item View Item