Adikthiayhasa, Belda Hawariyyin (2024) ANALISIS KAMPANYE POLITIK PRABOWO–GIBRAN DI MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA PILPRES 2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (94kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (311kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (339kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (204kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (143kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (393kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (315kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (285kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Dalam era digital yang terus berkembang, penggunaan media sosial menjadi strategi yang sangat penting dalam kampanye politik modern. Prabowo-Gibran merupakan tokoh yang populer dalam menggunakan TikTok sebagai media kampanye politik di pemilihan presiden 2024. Perubahan citra yang signifikan dan gaya kampanye yang berbeda diperlihatkan oleh kedua tokoh ini yang menjadi salah satu faktor kemenangan dalam pemilihan, oleh karenanya hal ini menjadi diskursus yang menarik. Penelitian ini mengkaji cara kampanye politik yang diimplementasikan oleh Prabowo-Gibran dalam media sosial TikTok di pemilihan presiden 2024. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan penambahan wawasan mengenai cara kampanye politik yang digunakan oleh Tim Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 melalui platform TikTok. Penelitian ini menggunakan teori marketing politik dari Adman Nursal dengan metode kualitatif yang didukung dengan kombinasi sumber data primer dan sekunder untuk memberikan keragaman dan kedalaman pemahaman terhadap fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi dokumentasi, wawancara dan observasi dengan analisis data penelitian menggunakan NVivo analisis dan untuk memvalidasi hasil penelitian menggunakan uji konfirmabilitas melalui refleksivitas dan peer debriefing. Hasil penelitian ini mengemukakan bagaimana penerapan konsep dan teknik marketing politik Adman Nursal diimplementasikan oleh Prabowo-Gibran melalui cara kampanyenya di media sosial TikTok. Cara kampanye ini berfokus pada push marketing melalui iklan, direct marketing, special event, personal contact dan public relation. Secara keseluruhan terdapat pola yang sama digunakan sebagai cara kampanye di media sosial Tiktok, yaitu berfokus pada visual (optik) dengan konten informatif dan ceria seperti penggunaan gambar AI, peace sign dan love sign, joget gemoy, kolaborasi influencer, serta memberikan visual atribut dan gerak yang selaras. Secara linguistik (bahasa) berfokus pada kalimat efektif yang jelas, mudah diingat dan diucapkan melalui penokohan (image), tagline yang konsisten, serta kalimat himbauan memilih. Hal ini diperkuat dengan audio (akustik) yang digunakan berfokus pada lagu yang tranding, lagu resmi kampanye dan lagu nasional yang diselaraskan dengan tema kampanye riang gembira dan kampanye akbar kirab kebangsaan serta pesta rakyat. Kata Kunci: Prabowo-Gibran, Kampanye, Medsos, TikTok, Pilpres 2024.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 13 Sep 2024 01:25 |
Last Modified: | 13 Sep 2024 01:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14322 |
Actions (login required)
View Item |