REDUCING EFL STUDENTS’ WRITING ANXIETY THROUGH STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TECHNIQUE

MULYANI, AGHNIA SYIFA (2024) REDUCING EFL STUDENTS’ WRITING ANXIETY THROUGH STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TECHNIQUE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER (9).pdf

Download (120kB)
[img] Text
2. Approval Sheet (1).pdf

Download (335kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan (2).pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. ABSTRAK (3).pdf

Download (490kB)
[img] Text
5. PREFACE (1).pdf

Download (191kB)
[img] Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (200kB)
[img] Text
8. LIST OF TABLES (1).pdf

Download (306kB)
[img] Text
9. LIST OF FIGURE.pdf

Download (190kB)
[img] Text
10. LIST OF ENCLOSURE.pdf

Download (193kB)
[img] Text
11. CHAPTER 1 (1).pdf

Download (324kB)
[img] Text
12. CHAPTER 2 (1).pdf

Download (369kB)
[img] Text
13. CHAPTER 3 (1).pdf

Download (472kB)
[img] Text
14. CHAPTER 4 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
15. CHAPTER 5 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
16. REFERENCES (1).pdf

Download (330kB)
[img] Text
17. ENCLOSURES (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
18. CURRICULUM VITAE (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini mengeksplorasi efektivitas teknik Student Teams Achievement Division (STAD) dalam mengurangi kecemasan menulis siswa. Lebih jauh, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana teknik STAD dapat mengurangi kecemasan menulis dan bagaimana hal itu mendukung siswa dalam proses tersebut. Dengan menggunakan data kuantitatif melalui kuesioner dan data kualitatif melalui observasi, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari sembilan pertemuan, sedangkan siklus kedua melibatkan tiga pertemuan. Temuan menunjukkan bahwa teknik STAD secara efektif dapat mengurangi kecemasan menulis siswa. Pada pre-siklus, siswa menunjukkan tingkat kecemasan menulis yang signifikan tinggi, dengan nilai rata-rata 75,45 poin. Setelah siklus pertama, kecemasan menulis berkurang menjadi 55,55 poin, menunjukkan tingkat moderat. Pada siklus kedua, kecemasan siswa lebih lanjut berkurang menjadi tingkat rendah, dengan nilai rata-rata 48,87 poin. Teknik STAD terbukti efektif membantu siswa mengurangi kecemasan menulis, yang diatribusikan pada kemampuannya dalam membangun interdependensi sosial di antara siswa. Penulis merangkum beberapa poin terkait bagaimana interdependensi sosial yang terbentuk dari teknik STAD dapat berkontribusi pada pengurangan kecemasan menulis siswa: (1) Dukungan dan Kolaborasi, (2) Pemahaman Bersama, (3) Penugasan Tugas, (4) Umpan Balik Positif, (5) Kompetisi Positif. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan efektivitas teknik STAD dalam mengurangi kecemasan menulis siswa secara signifikan. Keberhasilan teknik STAD dalam mengurangi kecemasan menulis dapat dikaitkan dengan kemampuannya untuk menumbuhkan saling ketergantungan sosial yang positif di kalangan siswa. Kata Kunci: Kecemasan menulis, Teknik STAD, Penelitian Tindak kelas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:06
Last Modified: 05 Sep 2024 06:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14086

Actions (login required)

View Item View Item