MULYANI, AGHNIA SYIFA (2024) REDUCING EFL STUDENTS’ WRITING ANXIETY THROUGH STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TECHNIQUE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER (9).pdf Download (120kB) |
|
Text
2. Approval Sheet (1).pdf Download (335kB) |
|
Text
3. Lembar Pernyataan (2).pdf Download (192kB) |
|
Text
4. ABSTRAK (3).pdf Download (490kB) |
|
Text
5. PREFACE (1).pdf Download (191kB) |
|
Text
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf Download (309kB) |
|
Text
7. TABLE OF CONTENT.pdf Download (200kB) |
|
Text
8. LIST OF TABLES (1).pdf Download (306kB) |
|
Text
9. LIST OF FIGURE.pdf Download (190kB) |
|
Text
10. LIST OF ENCLOSURE.pdf Download (193kB) |
|
Text
11. CHAPTER 1 (1).pdf Download (324kB) |
|
Text
12. CHAPTER 2 (1).pdf Download (369kB) |
|
Text
13. CHAPTER 3 (1).pdf Download (472kB) |
|
Text
14. CHAPTER 4 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) |
|
Text
15. CHAPTER 5 (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
|
Text
16. REFERENCES (1).pdf Download (330kB) |
|
Text
17. ENCLOSURES (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
18. CURRICULUM VITAE (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini mengeksplorasi efektivitas teknik Student Teams Achievement Division (STAD) dalam mengurangi kecemasan menulis siswa. Lebih jauh, penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki sejauh mana teknik STAD dapat mengurangi kecemasan menulis dan bagaimana hal itu mendukung siswa dalam proses tersebut. Dengan menggunakan data kuantitatif melalui kuesioner dan data kualitatif melalui observasi, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama terdiri dari sembilan pertemuan, sedangkan siklus kedua melibatkan tiga pertemuan. Temuan menunjukkan bahwa teknik STAD secara efektif dapat mengurangi kecemasan menulis siswa. Pada pre-siklus, siswa menunjukkan tingkat kecemasan menulis yang signifikan tinggi, dengan nilai rata-rata 75,45 poin. Setelah siklus pertama, kecemasan menulis berkurang menjadi 55,55 poin, menunjukkan tingkat moderat. Pada siklus kedua, kecemasan siswa lebih lanjut berkurang menjadi tingkat rendah, dengan nilai rata-rata 48,87 poin. Teknik STAD terbukti efektif membantu siswa mengurangi kecemasan menulis, yang diatribusikan pada kemampuannya dalam membangun interdependensi sosial di antara siswa. Penulis merangkum beberapa poin terkait bagaimana interdependensi sosial yang terbentuk dari teknik STAD dapat berkontribusi pada pengurangan kecemasan menulis siswa: (1) Dukungan dan Kolaborasi, (2) Pemahaman Bersama, (3) Penugasan Tugas, (4) Umpan Balik Positif, (5) Kompetisi Positif. Penelitian tindakan kelas ini menunjukkan efektivitas teknik STAD dalam mengurangi kecemasan menulis siswa secara signifikan. Keberhasilan teknik STAD dalam mengurangi kecemasan menulis dapat dikaitkan dengan kemampuannya untuk menumbuhkan saling ketergantungan sosial yang positif di kalangan siswa. Kata Kunci: Kecemasan menulis, Teknik STAD, Penelitian Tindak kelas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 06:06 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 06:06 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14086 |
Actions (login required)
View Item |