RAMADHANI, DEVIA SARAH AYU (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMP NEGERI KECAMATAN JATILAWANG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_Cover.pdf Download (82kB) |
|
Text
2_Lembar Pengesahan.pdf Download (163kB) |
|
Text
3_Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf Download (217kB) |
|
Text
4_Pernyataan Keaslian.pdf Download (155kB) |
|
Text
5_Abstrak.pdf Download (6kB) |
|
Text
6_Kata Pengantar.pdf Download (59kB) |
|
Text
7_Daftar Isi.pdf Download (48kB) |
|
Text
8_Daftar Tabel.pdf Download (31kB) |
|
Text
9_Daftar Gambar.pdf Download (26kB) |
|
Text
10_Daftar Lampiran.pdf Download (30kB) |
|
Text
11_BAB 1.pdf Download (95kB) |
|
Text
12_BAB 2.pdf Download (99kB) |
|
Text
13_BAB 3.pdf Download (196kB) |
|
Text
14_BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
Text
15_BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
16_Daftar Pustaka.pdf Download (141kB) |
|
Text
17_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
|
Text
18_Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran matematika di SMP Negeri Kecamatan Jatilawang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini merupakan guru Matematika kelas VII dan VIII SMP Negeri Kecamatan Jatilawang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dilaksanakan dengan aspek konten, proses, atau produk dan pelaksanaan proses pembelajaran berdiferensiasi oleh Guru Matematika di SMP Negeri Kecamatan Jatilawang berjalan baik akan tetapi masih perlu dimaksimalkan kembali. 2) Terdapat hambatan dalam pembelajaran berdiferensiasi di SMP Negeri Kecamatan Jatilawang yaitu kekurangan guru dan beban jam mengajar, alokasi waktu pembelajaran yang terbatas, kebutuhan untuk ide dan kreativitas, ketidakmerataan pemahaman mengenai pembelajaran berdiferensiasi dikalangan guru, perubahan paradigma mengajar, keberagaman budaya dan latar belakang peserta didik, dan peserta didik yang pasif. Kata kunci: Pembelajaran Bediferensiasi, Kurikulum Merdeka, Mata Pelajaran Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:11 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:11 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14050 |
Actions (login required)
View Item |