PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INTRODUCTION) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kuasi Eksperimen Materi Perekonomian Indonesia pada Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024)

RAHAYU, WIDYA PUTRI (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INTRODUCTION) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kuasi Eksperimen Materi Perekonomian Indonesia pada Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (177kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (166kB)
[img] Text
4 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text
5 ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (6MB)
[img] Text
7 KATA PENGANTAR.pdf

Download (400kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
9 BAB 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (6MB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (6MB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan pembelajaran yang tercapai secara efektif dapat diperoleh melalui interaksi aktif yang terjadi antarsiswa dan guru. Minimnya motivasi belajar dan keaktifan siswa selama di kelas memberikan pengaruh yang besar terhadap keberhasilan belajar yang sulit didapatkan dan siswa tidak mendapat kebermaknaan dalam proses belajar. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran PBI untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Studi kuasi eksperimen jenis post-test-only design with non-equivalent control group pada siswa kelas X IPS SMAN 1 Cihaurbeuti dengan sampel kelas X IPS 3 sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 4 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan instrumen tes, kuesioner, dan lembar observasi untuk mengumpulkan data yang kemudian dianalisis secara parsial menggunakan statistik parametrik paired sample t-test dan independent sampel t-test signifikansi 0,05 sehingga didapatkan hasil penelitian bahwa: 1) terdapat perbedaan keaktifan dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBI pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan dengan signifikansi variabel Y1 < 0,001 dan Y2 0,031; 2) tidak terdapat perbedaan keaktifan dan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol sebelum dan sesudah perlakuan dengan signifikansi variabel Y1 0,063 dan Y2 0,671; 3) terdapat perbedaan peningkatan keaktifan dan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan model pembelajaran PBI dengan model pembelajaran konvensional dengan signifikansi variabel Y1 < 0,001 dan Y2 0,046 dilihat juga perbedaan tersebut pada data tes model PBI mean 75,88 dengan model konvensional mean 70,59. Kata kunci : Keaktifan, Model Pembelajaran, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:08
Last Modified: 04 Sep 2024 08:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14039

Actions (login required)

View Item View Item