ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEYAKINAN MATEMATIKA

HALIZA, SARAH NURUL (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEYAKINAN MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (225kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (78kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (198kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (402kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (220kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik ditinjau dari keyakinan matematika positif, netral, dan negatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan berpikir kreatif, penyebaran angket keyakinan matematika, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif dan angket keyakinan matematika. Subjek dipilih sebanyak 3 peserta didik dari kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 1 Majenang berdasarkan pertimbangan peserta didik dari masing�masing kategori keyakinan matematika yang menjawab soal pada semua indikator kemampuan berpikir kreatif tanpa melihat jawaban benar atau salah. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek mampu pada indikator berpikir terperinci. Pada indikator berpikir luwes, S-17 mampu menghasilkan 3 pola bilangan beserta rumus umumnya, dan S-10 mampu menghasilkan 2 pola bilangan beserta rumus umumnya. Sedangkan S-16 tidak mampu berpikir luwes karena hanya menghasilkan 1 pola bilangan beserta rumus umumnya. Pada indikator berpikir lancar, hanya S-17 yang mampu menghasilkan banyak gagasan untuk menyelesaikan permasalahan dengan tepat. Sedangkan S-10 dan S-16 tidak mampu berpikir lancar karena pada beberapa gagasan yang diuraikan keliru. Pada Indikator berpikir orisinal, hanya S-17 yang mampu menggunakan caranya sendiri dengan tepat. Sedangkan S-10 dan S-16 tidak mampu berpikir orisinal karena cara yang digunakannya keliru. Kata kunci: Analisis, Kemampuan Berpikir Kreatif, Keyakinan Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:08
Last Modified: 04 Sep 2024 08:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14038

Actions (login required)

View Item View Item