PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE DAN GAYA BELAJAR

BALQIS, NUR HAIDA (2024) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE DAN GAYA BELAJAR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (16MB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (175kB)
[img] Text
3. penguji.pdf

Download (16MB)
[img] Text
4. pernyataan.pdf

Download (16MB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (16MB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (16MB)
[img] Text
7. daftar isi.pdf

Download (16MB)
[img] Text
8. daftar tabel.pdf

Download (16MB)
[img] Text
9. daftar gambar.pdf

Download (16MB)
[img] Text
10. daftar lampiran.pdf

Download (16MB)
[img] Text
11. bab i.pdf

Download (16MB)
[img] Text
12. bab ii.pdf

Download (17MB)
[img] Text
13. bab iii.pdf

Download (16MB)
[img] Text
14. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
15. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
16. daftar pustaka.pdf

Download (16MB)
[img] Text
17. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
18. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP berdasarkan tingkat self-confidence, membandingkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP berdasarkan gaya belajar, serta meneliti pengaruh interaksi antara self-confidence dan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Populasi penelitian terdiri dari 347 siswa kelas IX di SMP Negeri 12 Tasikmalaya pada tahun ajaran 2023/2024. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling, dan menghasilkan 45 siswa yang terbagi ke dalam kelompok dengan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, serta self-confidence tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket self-confidence dengan 28 pernyataan, angket gaya belajar dengan 24 pernyataan, dan tes kemampuan pemecahan masalah dengan 2 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji two-way ANOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP yang memiliki self-confidence tinggi, sedang, dan rendah; (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMP yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik; dan (3) tidak terdapat pengaruh interaksi antara self-confidence dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Kata kunci: Pemecahan Masalah, Self-Confidence, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 01:32
Last Modified: 04 Sep 2024 01:32
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14009

Actions (login required)

View Item View Item