THE EFFECT OF USING JIGSAW METHOD ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN AN EFL CLASSROOM

LUTPIANI, LUTPIANI (2024) THE EFFECT OF USING JIGSAW METHOD ON STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN AN EFL CLASSROOM. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (263kB)
[img] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (511kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (140kB)
[img] Text
4. PERSONAL PAGE.pdf

Download (111kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
6. PREFACE.pdf

Download (123kB)
[img] Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (127kB)
[img] Text
8. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (339kB)
[img] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (429kB)
[img] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (362kB)
[img] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (346kB)
[img] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (449kB)
[img] Text
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemahaman membaca adalah salah satu aspek terpenting dalam pembelajaran bahasa Inggris yang perlu dicapai oleh setiap siswa. Tanpa pemahaman bacaan yang baik, pembaca tidak akan memperoleh informasi yang seharusnya diperoleh dari suatu teks dan pengetahuan yang diperoleh tidak akan maksimal. Meskipun terdapat berbagai macam teknik dan strategi, namun penguasaan pemahaman membaca dinilai cukup sulit oleh siswa. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk mengajar membaca adalah dengan menggunakan strategi kerja kelompok dalam bentuk metode Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Jigsaw terhadap pemahaman membaca siswa di kelas EFL. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP dan sampel ditentukan dengan cara convenience sampling, dengan kelas VIII J terpilih sebagai sampel. Peneliti melakukan penelitian dengan memberikan 6 perlakuan dengan menggunakan metode Jigsaw. Instrumen pengumpulan data adalah pre-test dan post-test. Berdasarkan temuan penelitian, penggunaan metode Jigsaw efektif untuk mengajar membaca. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai rata-rata dari pre-test sebesar 47,91 sedangkan nilai rata-rata dari post-test sebesar 76,27. Sedangkan hasil uji dependent sample t-test menunjukkan sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti Hα diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Jigsaw berpengaruh terhadap pemahaman membaca siswa. Kata kunci: Metode Jigsaw, Pemahaman Membaca

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Sep 2024 08:52
Last Modified: 03 Sep 2024 08:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14005

Actions (login required)

View Item View Item