PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI VISUAL PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024)

PUJIYANTI, FITRIYA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI VISUAL PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM KOORDINASI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Ciamis Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.Lembar Pengesahan.pdf

Download (915kB)
[img] Text
3.Surat Pernyataan.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4.Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5.Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6.Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7.Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8.Daftar Tabel.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9.Daftar Gambar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10.Daftar Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11.Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12.Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
13.Bab 3.pdf

Download (2MB)
[img] Text
14.Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15.Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
16.Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
17.Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
18.Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan literasi visual sangat krusial dalam pembelajaran abad 21, yaitu dalam memahami dan menginterpretasikan informasi yang disampaikan melalui berbagai media visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan literasi visual peserta didik pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juni 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis terdiri dari tujuh kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 252 orang. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 36 orang peserta didik dan kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol sebanyak 36 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian yang memenuhi indikator literasi visual pada materi sistem koordinasi sebanyak 10 butir soal yang telah teruji valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANCOVA dengan taraf signifikasi α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi literasi visual peserta didik kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 maka Ha diterima Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan literasi visual peserta didik pada materi sistem koordinasi di kelas XI MIPA SMAN 1 Ciamis tahun ajaran 2023/2024. Kata kunci : Model Pembelajaran, Reciprocal Teaching, Literasi Visual

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:57
Last Modified: 03 Sep 2024 03:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13967

Actions (login required)

View Item View Item