SETYA AJI, IRVAN BIMANTARA (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN KEBENCANAAN DALAM PEMBELAJARAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA DI SMA TARUNA TERPADU 1 BOGOR (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana di Kelas XII IPS SMA Taruna Terpadu 1 Bogor). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (43kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (159kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJIAN.pdf Download (121kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAN.pdf Download (129kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (119kB) |
|
Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (79kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (122kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (137kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (117kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (137kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (376kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (633kB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
Abstract
Bencana merupakan suatu gejala yang ditimbulkan baik oleh alam maupun non alam dan/ faktor kelalaian manusia yang mengakibatkan efek negatif seperti timbulnya korban jiwa atau materiil dan kerusakan lingkungan. Kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesiapsiagaan bencana, menyebabkan banyaknya jumlah korban akibat bencana. Untuk memaksimalkan kesiapsiagaan bencana di masyarakat cara yang dilakukan adalah dengan melalui pendidikan yang didapatkan dari belajar di sekolah. Dengan adanya pendidikan mengenai mitigasi bencana akan membangun pengetahuan masyarakat akan bahaya bencana. Tujuan adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan kebencanaan dalam pembelajaran di kelas XII IPS SMA Taruna Terpadu 1 Bogor dan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kebencanaan terhadap kesiapsiagaan siswa kelas XII IPS dalam menghadapi bencana di SMA Taruna Terpadu 1 Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif dengan metode bersifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah banyaknya fasilitas di sekolah namun masih kurangnya kegiatan-kegiatan mitigasi bencana seperti seminar dan juga kurangnya jalur evakuasi jika terjadi bencana. Kurikulum dan metode pembelajaran merupakan hal yang mempengaruhi pengetahuan mengenai bencana. Kemudian perbedaan pengetahuan mengenai kebencanaan setiap kelas berbeda-beda sehingga perlu adanya pedoman yaitu guru, agar kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana dapat ditingkatkan lagi. Kata kunci: Bencana, Kesiapsiagaan Bencana, Pendidikan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 04:26 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 04:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13894 |
Actions (login required)
View Item |