PENGARUH MIND MAPPING BERBASIS APLIKASI MINDOMO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

MUTMAINAH, KHOPIFAH (2024) PENGARUH MIND MAPPING BERBASIS APLIKASI MINDOMO TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (62kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Lembar Keaslian Ilmiah.pdf

Download (220kB)
[img] Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (115kB)
[img] Text
Ucapan Terimakasih.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (124kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (117kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada abad ke-21 ini terjadi perkembangan dan perubahan yang sangat pesat, terutama di bidang teknologi dan informasi yang semakin canggih, kemajuan teknologi berdampak pada segala bidang, termasuk pendidikan. Kehidupan di abad ke-21 menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai seseorang, salah satunya adalah berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dalam proses pembelajaran masih belum teroptimalisasi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mind mapping berbasis aplikasi mindomo terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment dengan menggunakan the matching only posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X sebanyak 12 kelas (XE-1 – XE-12) dengan total peserta didik berjumlah 450 orang SMA Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Sampel diperoleh secara purposive sampling didapatkan kelas XE-2 sebanyak 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan XE-10 sebanyak 36 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes yaitu posttest dari keterampilan berpikir kritis berjumlah 15 soal berbentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t independent. Hasil analisis menunjukkan bahwa Ho ditolak dengan signifikansi < 0,05 (0,000 <0,05). Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 29,64 dan kelas kontrol sebesar 22,77. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh mind mapping berbasis aplikasi mindomo terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Kata Kunci: mind mapping, mindomo, berpikir kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Aug 2024 07:45
Last Modified: 29 Aug 2024 07:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13789

Actions (login required)

View Item View Item