EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

Yuniarti, Tita (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (258kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
3. SK REVISI SIDANG.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (167kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (431kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (222kB)
[img] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (219kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (215kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text
11. BAB 1.pdf

Download (351kB)
[img] Text
12. BAB 2.pdf

Download (716kB)
[img] Text
13. BAB 3.pdf

Download (539kB)
[img] Text
14. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[img] Text
15. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (458kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dilakukan untuk mencapai suatu tujuan tertentu, diantaranya untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi matematika berdasarkan kecerdasan logis matematis dan kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kecerdasan logis matematis. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pra eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes, yaitu tes kecerdasan logis matematis dan tes kemampuan literasi matematika. Penelitian dilakukan dengan populasi seluruh kelas VIII di SMPN 1 Kota Tasikmalaya yang berjumlah 11 kelas. Sampel didapatkan dengan teknik purposive sampling dan didapat kelas VIII J sampel penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji N-Gain, uji Shapiro-Wilk untuk Uji Normalitas dan Uji Hipotesis dengan Uji One Sample t-Test. Hasil yang didapatkan yaitu pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kecerdasan logis matematis efektif terhadap kemampuan literasi matematika. Dengan perolehan lebih dari 75% siswa mendapatkan peningkatan kemampuan literasi matematika minimal kategori sedang dan rata-rata N-Gain sebesar 0,56 dengan interpretasi efektivitas pada rentang cukup efektif. Serta kemampuan literasi matematika siswa yang menggunakan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan kecerdasan logis matematis berada pada kategori sedang, dan melalui hasil jawaban, siswa sudah mampu dalam mengidentifikasi aspek matematika dalam permasalahan yang diberikan, tetapi kurang dalam menerapkan strategi penyelesaian dan menginterpretasikan hasil perhitungan. Kata kunci: efektivitas, kecerdasan logis matematis, kemampuan literasi matematika, pembelajaran berdiferensiasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:29
Last Modified: 29 Aug 2024 06:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13767

Actions (login required)

View Item View Item