FADILLAH, ROFITA INTAN (2024) ANALISIS KEMAMPUAN NUMBER SENSE DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF KONSEPTUALTEMPO MENURUT ROZENCWAJG DAN CORROYER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (98kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (100kB) |
|
Text
SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf Download (162kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (7kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (58kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (36kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (32kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (90kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (284kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan number sense ditinjau dari gaya kognitif konseptual tempo menurut Rozencwajg dan Corroyer. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode eksploratif. Teknik pengumpulan data terdiri dari tes gaya kognitif konseptual tempo, tes kemampuan number sense dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini berjumlah empat orang dari kelas VIII-A di SMP Negeri 7 Tasikmalaya yaitu satu orang dari masing-masing kategori gaya kognitif konseptual tempo. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Subjek dengan kategori gaya kognitif reflektif (S-4) mampu memenuhi 4 indikator yaitu pemahaman konsep dan besaran bilangan; pemahaman dan penggunaan representasi bilangan yang senilai; pemahaman konsep dan pengaruh dari operasi bilangan; serta perhitungan dan strategi menghitung. Subjek dengan kategori gaya kognitif impulsif (S�16) mampu memenuhi 3 indikator yaitu pemahaman konsep dan besaran bilangan; pemahaman dan penggunaan representasi bilangan yang senilai; serta pemahaman konsep dan pengaruh dari operasi bilangan. Subjek dengan kategori gaya kognitif cepat akurat (S-2) memenuhi semua indikator yaitu pemahaman konsep dan besaran bilangan; pemahaman dan penggunaan representasi bilangan yang senilai; pemahaman konsep dan pengaruh dari operasi bilangan; pemahaman dan penggunaan pernyataan yang setara serta perhitungan dan strategi menghitung. Subjek dengan kategori gaya kognitif lambat tidak akurat (S-19) mampu memenuhi 2 indikator yaitu pemahaman konsep dan pengaruh dari operasi bilangan; serta perhitungan dan strategi menghitung. Kata Kunci : Analisis, Kemampuan Number Sense, Gaya Kognitif Konseptual Tempo Menurut Rozencwajg dan Corroyer.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 01:01 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 01:01 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13731 |
Actions (login required)
View Item |