MENINGKATKAN VALUE CO-CREATION MELALUI ADOPSI E-MARKETING DAN KAPABILITAS INOVASI BERDASARKAN ORIENTASI PASAR (Survey Pada UMKM Makanan dan Minuman di Pangandaran)

PRASETYO, RAFI WAHYU (2023) MENINGKATKAN VALUE CO-CREATION MELALUI ADOPSI E-MARKETING DAN KAPABILITAS INOVASI BERDASARKAN ORIENTASI PASAR (Survey Pada UMKM Makanan dan Minuman di Pangandaran). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (73kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (84kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (158kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (273kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (360kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (611kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf

Download (964kB)

Abstract

Penelitian ini didasari adanya fenomena di mana pemasaran menjadi permasalahan terbesar bagi pelaku UMKM makanan dan minuman di Pangandaran dibandingkan masalah lainnya (khususnya di masa pandemi Covid -19) akibat dari rendahnya penciptaaan nilai bersama konsumen dan minimnya pemahaman teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran orientasi pasar terhadap value co-creation melalui kapabilitas inovasi dan adopsi e-marketing. Penelitian ini dirancang sebagai jenis penelitian yang menggunakan survey method dengan dilakukan penyebaran angket kepada 203 responden yang merupakan pelaku UMKM makanan dan minuman di Pangandaran yang telah menggunakan e�marketing dan berusia di atas 18 tahun, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Structural Equation Modeling (SEM). Hasil analisis menunjukan orientasi pasar memiliki pengaruh terhadap kapabilitas inovasi dan adopsi e-marketing. Adopsi e-marketing terbukti berpengaruh terhadap value co-creation, tetapi kapabilitas inovasi tidak dapat dibuktikan berpengaruh terhadap value co-creation. Adopsi e-marketing menjadi variabel utama yang berpengaruh terhadap value co-creation, selain itu adopsi e-marketing juga dapat memediasi antara orientasi pasar dengan value co�creation. Kata Kunci: Orientasi Pasar, Kapabilitas Inovasi, Adopsi Pemasaran Elektronik, Penciptaan Nilai Bersama

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 28 Aug 2024 07:05
Last Modified: 28 Aug 2024 07:05
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13729

Actions (login required)

View Item View Item