SAPITRI, ANIS (2024) EKSPLORASI KEMAMPUAN PENALARAN DEDUKTIF MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BARISAN DAN DERET BERDASARKAN GENDER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (82kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (97kB) |
|
Text
3. Surat Keterangan Revisi Ujian.pdf Download (164kB) |
|
Text
4. Surat Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf Download (14kB) |
|
Text
5. Abstrak.pdf Download (7kB) |
|
Text
6. Kata Pengantar.pdf Download (7kB) |
|
Text
7. Daftar Isi.pdf Download (85kB) |
|
Text
8. Bab 1.pdf Download (72kB) |
|
Text
9. Bab 2.pdf Download (316kB) |
|
Text
10. Bab 3.pdf Download (102kB) |
|
Text
11. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
12. Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
13. Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) |
|
Text
14. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
15. Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
Abstract
Kemampuan penalaran deduktif matematis merupakan fondasi bagi kemampuan peserta didik untuk memahami dan mengaplikasikan konsep-konsep matematika. Namun, sayangnya peserta didik belum bisa memenuhi kemampuan penalaran deduktif matematis. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah perbedaan gender. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengeksplorasi kemampuan penalaran peserta didik berdasarkan aspek gender maskulin dan feminin. Penelitian ini merupakan penelitian eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu berupa tes kemampuan penalaran deduktif matematis, kuesioner PAQ berupa tes kepribadian (self-report) yang mengukur dua skala perantaraan (instrumentalitas/maskulinitas) dan ekspresif (feminitas), dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu wawancara, kuesioner dan soal tes kemampuan penalaran deduktif matematis. Data penelitian terdiri atas jawaban peserta, dan hasil wawancara peserta didik. Hasil dari penelitian ini yaitu, peserta didik M-3 yaitu peserta didik laki-laki maskulin hanya dapat memenuhi dua indikator kemampuan penalaran deduktif matematis yaitu 2) menyusun pembuktian secara langsung dan 3) menarik kesimpulan logis, akan tetapi jawaban peserta didik kurang lengkap. Peserta didik M-9 dan M-11 yaitu peserta didik perempuan maskulin hanya dapat memenuhi dua indikator kemampuan penalaran deduktif matematis yaitu 2) menyusun pembuktian secara langsung dan 3) menarik kesimpulan logis akan tetapi jawaban belum lengkap. Peserta didik F-2 dan F-1 yaitu peserta didik laki-laki feminin dapat memenuhi dua indikator kemampuan penalaran deduktif matematis yaitu 2) menyusun pembuktian secara langsung dan 3) menarik kesimpulan secara logis. Sedangkan peserta didik F-7 yaitu peserta didik perempuan feminin dapat memenuhi ketiga indikator kemampuan penalaran deduktif matematis yaitu 1)melakukan perhitungan berdasarkan rumus,2)menyusun pembuktian langsung dan 3)menarik kesimpulan secara logis. . Kata kunci: Eksplorasi, Kemampuan penalaran deduktif matematis, maskulinitas, feminitas
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 04:31 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 04:31 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13711 |
Actions (login required)
View Item |