EFEKTIVITAS PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PAPERCRAFT PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

HUDA, DWIYANTI NURUL (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN PAPERCRAFT PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (360kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN .pdf

Download (515kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model project based learning berbantuan papercraft terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode penelitian pre-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Darmaraja. Sampel pada penelitia ini yairu kelas VIII-D diambil dengan menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian ini adalah penggunaan model project based learning berbantuan papercraft efektif terhadap pemahaman matematis peserta didik, dibuktikan dengan sebanyak 95% peserta didik dalam satu kelas mencapai atau melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pemahaman matematika dengan nilai rata-rata 79,85, nilai terendah kelas memiliki nilai 70 dan nilai tertinggi adalah 90. Berdasarkan kriteria pengujian, H0 diterima jika exact.sig > 0,05. Nilai exact.sig yang didapatkan berdasarkan hasil perhitungan yang menggunakan bantuan software SPSS Versi 24.yaitu sebesar 0,024, maka pada taraf α = 0,05 H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model project based learning efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata kunci: Project Based Learning, Papercraft, Pemahaman Konsep Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:21
Last Modified: 28 Aug 2024 03:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13675

Actions (login required)

View Item View Item