KORELASI KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Korelasi di Kelas X Mipa SMAN 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

CAHYANI, WINDANI DEWI (2024) KORELASI KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN (Studi Korelasi di Kelas X Mipa SMAN 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (277kB)
[img] Text
3 PERNYATAAN.pdf

Download (165kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 DAFTAR TABEL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
15 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
16 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sangat penting terhadap hasil belajar, penelitian ini membantu dalam memahami bagaimana keterampilan ini dapat dikembangkan dalam menghadapi masalah yang belum pernah dihadapi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara keterampilan pemecahan masalah terhadap hasil belajar peserta didik pada sub konsep perubahan lingkungan (Studi korelasi di kelas X MIPA SMAN 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024). Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X MIPA dengan jumlah 199 peserta didik. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dan terpilih kelas X MIPA 2 sebanyak 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yang sudah tervalidasi yaitu kemampuan pemecahan masalah sebanyak 9 soal uraian dan hasil belajar sebanyak 16 soal pernyataan pilihan majemuk. Analisis data menggunakan uji regresi berganda (multivariat). Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa; uji linearitas menggunakan ANOVA didapatkan nilai signifikan sebesar 0,584. selain itu nilai constant (a) sebesar - 10.163 Dan nilai kemampuan pemecahan masalah (koefisien regresi/b) sebesar 0.338 Sehingga didapat persamaan linear Y=-10.163+0.338X, kemudian ada korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,967 yang termasuk kedalam kategori kuat, kemudian didapat juga nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar, 0,935 atau 93% Artinya memiliki korelasi yang sangat kuat. Dapat disimpulkan bahwa analisis data menunjukan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan pemecahan masalah dengan hasil belajar. Kata Kunci: Keterampilan pemecahan masalah, hasil belajar, perubahan lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 01:31
Last Modified: 27 Aug 2024 01:31
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13576

Actions (login required)

View Item View Item