HUBUNGAN SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2023-2024)

RM, ANISAH (2024) HUBUNGAN SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2023-2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (176kB)
[img] Text
2 PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3 PERNYATAAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
5 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (822kB)
[img] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text
8 BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
9 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
10 BAB III.pdf

Download (329kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
15 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)

Abstract

Anisah RM. 2024. HUBUNGAN SIKAP BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI HUKUM NEWTON (Studi Korelasi Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Sariwangi Tahun Ajaran 2023-2024) Sikap merupakan hal utama yang dapat dijadikan acuan bahwa siswa menyukai mata pelajaran Fisika atau tidak. Sikap positif (baik) memungkinkan siswa berkelakuan baik dan menyelesaikan tugas-tugas Fisika dengan baik, sedangkan sikap negatif memungkinkan siswa menjauhi, menghindari, dan bahkan membenci apapun kegiatan yang berkaitan dengan mata pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada hukum newton di kelas XI SMAN 1 Sariwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian terdiri dari dua, yakni angket sikap belajar yang terdiri dari 3 indikator (45 pertanyaan) dan soal tes kognitif pada materi Hukum Newton. Metode analisis penelitian yakni metode analisis kuantitatif untuk menganalisis korelasi antara sikap belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi Hukum Newton yang dianalisis menggunakan statistik korelasi Product Moment Pearson melalui penggunaan program SPSS. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Sariwangi yang terdiri dari 36 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa berdasar pada uji statistik korelasi product moment Pearson diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,661 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai signifikansi lebih kecil dari pada nilai a (sig. < a) yakni 0,000 ≤ 0,05. Artinya, ada korelasi yang positif dan signifikan serta memiliki hubungan yang erat antara sikap siswa terhadap pembelajaran fisika dengan hasil belajar fisika. Kata kunci: Hasil Belajar, Hukum Newton, Korelasi, Sikap Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Aug 2024 01:29
Last Modified: 20 Aug 2024 01:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13439

Actions (login required)

View Item View Item