UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI GAYA RESIPROKAL (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII C SMP N 7Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Kuswoyo, Candra Gumilar (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEPAK BOLA MELALUI GAYA RESIPROKAL (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII C SMP N 7Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (260kB)
[img] Text
03 Lembar Penguji.pdf

Download (244kB)
[img] Text
04 Surat Pernyataan .pdf

Download (253kB)
[img] Text
05 Halaman Pribadi.pdf

Download (122kB)
[img] Text
06 Abstrak.pdf

Download (7kB)
[img] Text
07 Abstract.pdf

Download (7kB)
[img] Text
08 Kata Pengantar.pdf

Download (123kB)
[img] Text
09 Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (127kB)
[img] Text
10 Daftar Isi.pdf

Download (29kB)
[img] Text
11 Daftar Tabel.pdf

Download (4kB)
[img] Text
12 Daftar Gambar.pdf

Download (5kB)
[img] Text
13 Daftar Lampiran.pdf

Download (6kB)
[img] Text
14 BAB 1.pdf

Download (101kB)
[img] Text
15 BAB 2.pdf

Download (278kB)
[img] Text
16 BAB 3.pdf

Download (122kB)
[img] Text
17 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] Text
18 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
19 Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB)
[img] Text
20 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan mengajar gaya resiprokal terhadap peningkatan hasil belajar sepak bola pada siswa kelas VIII C di SMP Negeri 7 Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Objek penelitian siswa kelas VIII dan subjeknya kelas VIII C SMP Negeri 7 Kota Tasikmalaya dengan jumlah peserta didik sebanyak 29 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan12 siswa perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan rubrik penilian yang terdapat di RPP. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan hasil belajar sepak bola pada siswa kelas VIII C Kota Tasikmalaya pada siklus ke I sebesar 47% yang terbagi pada dua aspek penilaian yaitu aspek Kognitif dengan nilai 72,65% dan pada penilaian aspek Psikomotor sebesar 73,65%. Berlanjut pada siklus ke II dengan hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan yang lebih baik dengan perolehan nilai secara keseluruhan sebesar 79,4% yang terbagi menjadi dua aspek penilaian yaitu aspek kognitif dengan nilai 78,58% dan penilaian pada aspek psikomotor dengan nilai 80,27%, dengan jumlah peserta didik yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 24 peserta didik atau setara dengan 82,75% dalam pencapaian proses pembelajaran pendidikan jasmani dribling dan passing di SMP Negeri 7 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. KataKunci: Belajar, Resiprokal, Sepak Bola, Dribling dan passing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:26
Last Modified: 15 Aug 2024 07:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13344

Actions (login required)

View Item View Item