SETIAWAN, OPIK (2024) ANALISIS PROSES PENGINTEGRASIAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMK BINAUL UMMAH KUNINGAN. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1 COVER.pdf Download (82kB) |
|
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (130kB) |
|
Text
3 SURAT KETERANGAN.pdf Download (126kB) |
|
Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (16kB) |
|
Text
5 ABSTRAK.pdf Download (6kB) |
|
Text
6 KATA PENGANTAR.pdf Download (81kB) |
|
Text
7 DAFTAR ISI.pdf Download (107kB) |
|
Text
8 DAFTAR TABEL.pdf Download (98kB) |
|
Text
9 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (95kB) |
|
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (98kB) |
|
Text
11 BAB 1.pdf Download (192kB) |
|
Text
12 BAB 2.pdf Download (215kB) |
|
Text
13 BAB 3.pdf Download (225kB) |
|
Text
14. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
|
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (882kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran matematika di kelas XI SMK Binaul Ummah Kuningan dan untuk mengetahui proses integrasi pendidikan karakter dengan pembelajaran matematika di kelas XI SMK Binaul Ummah Kuningan. Responden meliputi kepala sekolah, wakasek kurikulum, guru mata pelajaran Matematika, serta peserta didik kelas X/Tataboga. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kualitatif eksploratif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Pengolahan data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Matematika di Kelas X SMK Binaul Ummah Kuningan terlaksana dengan baik pada nilai Kejujuran Berdasar pada pengamatan, contoh konkrit dalam integrasinya melalui penugasan, baik individu atau kelompok, peserta didik dalam mengerjakan tugas tersebut dilarang melakukan plagiasi. Saat ada materi yang belum dipahami, peserta didik diharapkan untuk jujur menyampaikan yang belum dipahami dan tidak pura-pura mengerti. Hal tersebut demi pemahaman peserta didik sendiri, apabila peserta didik tidak jujur akan merugikan dirinya sendiri dan membuat guru tidak dapat mengukur kemampuan peserta didik yang sebenarnya Kerjakeras dalam pengintegrasianya guru lebih menekankan peserta didik untuk mempelajari secara sungguh-sungguh dan dapat menyelesaikan soal sampai semua di kerjakan, serta menekankan peserta didik untuk lebih giat belajar. Tanggung jawab pengintegrasianya nilai karakter tanggung jawab ini dilakukan guru dengan cara menganjurkan peserta didik agar selalu bertanggung jawab atas setiap soal yang dikerjakannya, baik saat berkelompok atau individu termasuk ulangan harian. ketika peserta didik diminta mempertanggungjawabkan soal yang telah dikerjakan dengan menjelaskan di depan kelas apa bagaimana langkah-langkah penyelesaiannya Integrasi pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran Matematika di SMK Binaul Ummah Kuningan dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran. Kata kunci: Matematika, pendidikan karakter, proses pembelajaran
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 07:17 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 07:17 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13315 |
Actions (login required)
View Item |