PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK

SENIAWATI, YESHA (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (84kB)
[img] Text
3. Surat Keterangan.pdf

Download (350kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (94kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (45kB)
[img] Text
7. Daftar Isi.pdf

Download (51kB)
[img] Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (30kB)
[img] Text
10. Daftar Lampiran.pdf

Download (29kB)
[img] Text
11. Bab 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
12. Bab 2.pdf

Download (330kB)
[img] Text
13. Bab 3.pdf

Download (341kB)
[img] Text
14. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
15. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
16. Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB)
[img] Text
17. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
18. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik, serta mengetahui kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Flipped Classroom berbantuan media Power Point. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian true exsperimental design dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IX MTs Negeri 4 Tasikmalaya. Sampel pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas IX F sebagai kelas eksperimen dan kelas IX E sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Teknik analisis data berupa statistika deskriptif dengan menganalisis serta mengukur kemampuan pemahaman matematis peserta didik menggunakan Microsoft Excel 2013. Uji normalitas menggunakan Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F, dan uji hipotesis kemampuan pemahaman matematis menggunakan independent sample t-test. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pempelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point terhadap kemampuan pemahaman matematis peserta didik. Rata-rata kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point sebesar 72,23 pada kategori sedang, sedangkan rata-rata kemampuan pemahaman matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Direct Learning sebesar 62,04 pada kategori rendah. Hal ini dikarenakan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan media Power Point dapat mempelajari materi sendiri dan didukung oleh media Power Point yang mudah untuk diakses kapanpun dan dimanapun oleh peserta didik. Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Media Power Point, Kemampuan Pemahaman Matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2024 07:16
Last Modified: 15 Aug 2024 07:16
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item View Item