PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di Kelas XI IPS SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya)

Aripin, Devia Oktaviani (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di Kelas XI IPS SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (56kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (135kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (80kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (147kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (423kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (79kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa di kelas XI IPS di SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya. Hal ini diketahui pada saat observasi dalam proses pembelajaran. beberapa guru hanya menggunakan buku pegangan dan mengandalkan metode konvensional. Berdasarkan hasil observasi di lapangan SMA Terpadu Riyadlul Ulum, guru yang mengajar mata pelajaran geografi belum menggunakan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Hal ini juga dapat dilihat dari perolehan nilai siswa pada mata pelajaran geografi yang rata-rata masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Geografi materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam dan mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Geografi materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara, Tes, Studi Literatur, Kuisioner, dan Dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 70 orang dengan teknik pengambilan data berupa simple random sampling. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik berupa t-test. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji instrumen, yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan diketahui bahwa langkah-langkah pelaksanaan pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Geografi materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di kelas XI IPS SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya yaitu: menjelaskan tujuan pembelajaran, mengkondisikan siswa untuk berdiskusi, mengorganisasikan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran, mengembangkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah, dan memberi nilai. Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Geografi materi Sebaran dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di kelas XI IPS SMA Terpadu Riyadlul Ulum Kota Tasikmalaya. Kata Kunci : Model Pembalajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 15 Aug 2024 00:53
Last Modified: 15 Aug 2024 00:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13292

Actions (login required)

View Item View Item