PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN PERLAWANAN BANGSA INDONESIA DI KELAS XI MPLB SMK YAPSIPA TASIKMALAYA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2023/2024

DAMAYANTI, CINDY CELINA (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN PERLAWANAN BANGSA INDONESIA DI KELAS XI MPLB SMK YAPSIPA TASIKMALAYA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (250kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (242kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (261kB)
[img] Text
5. HALAMAN PERIBADI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
8. UCAPAN TRIMAKASIH.pdf

Download (60kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (66kB)
[img] Text
11. DAFTAR BAGAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (59kB)
[img] Text
13. BAB 1.pdf

Download (151kB)
[img] Text
14. BAB 2.pdf

Download (162kB)
[img] Text
15. BAB 3.pdf

Download (280kB)
[img] Text
16. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] Text
17. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (62kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
20. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran sejarah Indonesia materi kolonialisme dan perlawanan bangsa Indonesia di kelas XI MPLB SMK YAPSIPA Tasikmalaya dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran Kahoot pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi kolonialisme dan perlawanan bangsa Indonesia di kelas XI MPLB SMK YAPSIPA Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent control group. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MPLB SMK YAPSIPA Tasikmalaya yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara observasi dan juga tes dengan instrument penelitian berupa soal pretest dan posttest. Data penelitian dianalisis dengan berbagai jenis uji seperti uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t test, dan uji N-gain menggunakan software SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan media pembelajaran Kahoot mempengaruhi peningkatan hasil belajar peserta didik, terbukti pada kelas eksperimen yaitu kelas XI MPLB mendapat hasil rata-rata posttest 75,91 yang mengalami peningkatan dari hasil awal (pretest) dengan rata�rata 41,82. Hal tersebut didasarkan juga dengan uji hipotesis menggunakan independent sample t test, diperoleh nilai Sig. 0.000 < 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Dengan alasan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran sejarah Indonesia menggunakan media pembelajaran Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI MPLB SMK YAPSIPA Tasikmalaya. Kata kunci: Media pembelajaran, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:57
Last Modified: 14 Aug 2024 08:57
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13247

Actions (login required)

View Item View Item