ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING�PROMPTING BERBANTUAN POSTER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

NURAENI, NENDEN (2024) ENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING�PROMPTING BERBANTUAN POSTER TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMAN 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (358kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (136kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (82kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (131kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (383kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (559kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Pencemaran Lingkungan yang didukung berdasarkan data studi pendahuluan yang menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih terbilang rendah. Peneliti berupaya mengatasi masalah tersebut dengan model pembelajaran Probing-Prompting berbantuan poster yang dapat membantu siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting berbantuan poster terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Pencemaran Lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 448 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dilakukan tes setelah diberi perlakuan (posttest) berbentuk essay dengan jumlah soal 15 butir yang mencakup 5 indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikasi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 08:49
Last Modified: 14 Aug 2024 08:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13151

Actions (login required)

View Item View Item