EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI SEKOLAH PINTAR INDONESIA (SPI) SEBAGAI MEDIA BANTU DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

FIRLIANI, SENI (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN APLIKASI SEKOLAH PINTAR INDONESIA (SPI) SEBAGAI MEDIA BANTU DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. Cover.pdf

Download (47kB)
[img] Text
02. Lembar Pengesahan.pdf

Download (261kB)
[img] Text
03. Lembar Pernyataan.pdf

Download (30kB)
[img] Text
04. Abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text
05. Kata Pengantar.pdf

Download (159kB)
[img] Text
06. Daftar Isi.pdf

Download (170kB)
[img] Text
07. Bab 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
08. Bab 2.pdf

Download (760kB)
[img] Text
09. Bab 3.pdf

Download (399kB)
[img] Text
10. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
11. Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)
[img] Text
13. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)
[img] Text
14. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Sekolah Pintar Indonesia (SPI) sebagai media bantu diskusi terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik, (2) mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Sekolah Pintar Indonesia (SPI) sebagai media bantu diskusi, (3) mengetahui kendala yang dialami oleh peserta didik terhadap penggunaan aplikasi Sekolah Pintar Indonesia (SPI) sebagai media bantu diskusi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian pre�eksperimental design jenis one-shot case study. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Tasikmalaya dengan sampel penelitian 35 peserta didik kelas X MIPA 3 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari instrumen pembelajaran berupa RPP dan instrumen pengumpulan data terdiri dari tes kemampuan komunikasi matematis, kuesioner dan pedoman wawancara penggunaan aplikasi SPI sebagai media bantu diskusi. Teknik analisis data tes kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji one sample sign-test, analisis data kuesioner diberi skor menggunakan skala likert dan analisis data hasil wawancara dilakukan dengan cara menarik poin-poin yang dianggap penting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan aplikasi Sekolah Pintar Indonesia (SPI) sebagai media bantu diskusi tidak efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan ketuntasan belajar kurang dari sama dengan 75. (2) Respon peserta didik terhadap penggunaan aplikasi SPI berdasarkan data kuesioner berkategorisasi tinggi, sedang dan rendah dengan persentase berturut-turut sebesar 34,29%, 28,57% dan 37,14%. Respon peserta didik terhadap terhadap penggunaan aplikasi SPI berdasarkan hasil wawancara 65,71% beranggapan tidak efektif. (3) kendala yang dialami peserta didk terhadap penggunaan aplikasi SPI sebagai media bantu diskusi diantaranya: fitur yang tidak dapat memuat ulang laman secara otomatis ketika diskusi, jaringan terkadang tidak stabil, sistem error dan harus memiliki kuota yang cukup. Kata Kunci: Efektivitas Pembelajaran Matematika, Aplikasi Sekolah Pintar Indonesia (SPI), Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:19
Last Modified: 14 Aug 2024 07:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13121

Actions (login required)

View Item View Item