ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA BERPIKIR GREGORC

HADANI, SYLVIA NURISALIA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN GAYA BERPIKIR GREGORC. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER_Sylvia N.pdf

Download (81kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN_Sylvia N.pdf

Download (463kB)
[img] Text
03. SK REVISI UJIAN SKRIPSI_Sylvia N.pdf

Download (166kB)
[img] Text
04. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH_Sylvia N.pdf

Download (17kB)
[img] Text
05. ABSTRAK_Sylvia N.pdf

Download (5kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR_Sylvia N.pdf

Download (120kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI_Sylvia.pdf

Download (188kB)
[img] Text
08. DAFTAR TABEL_Sylvia N.pdf

Download (182kB)
[img] Text
09. DAFTAR GAMBAR_Sylvia N.pdf

Download (183kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN_Sylvia N.pdf

Download (184kB)
[img] Text
11. BAB I_Sylvia N.pdf

Download (24kB)
[img] Text
12. BAB II_Sylvia N.pdf

Download (353kB)
[img] Text
13. BAB III_Sylvia N.pdf

Download (178kB)
[img] Text
14. BAB IV_Sylvia N.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
15. BAB V_Sylvia N.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA_Sylvia N.pdf

Download (135kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN_Sylvia N.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SYLVIA NURISALIA HADANI. 2024. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Berdasarkan Gaya Berpikir Gregorc. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal barisan dan deret berdasarkan gaya berpikir Gregorc yaitu sekuensial konkret, sekuensial abstrak, acak konkret dan acak abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengisian angket gaya berpikir, tes kemampuan representasi matematis dan wawancara tidak terstuktur. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal tes kemampuan representasi matematis yang telah divalidasi oleh dua orang dosen Pendidikan Matematika dan angket gaya berpikir yang telah divalidasi oleh psikolog. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan skor hasil angket gaya berpikir dan berdasarkan pertimbangan guru mata pelajaran matematika. Subjek dalam penelitian ini adalah empat orang peserta didik kelas XI F4 A SMA Negeri 2 Tambun Selatan dengan satu subjek di setiap kategori gaya berpikir. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Subjek dengan tipe gaya berpikir sekuensial konkret (S-SK) telah mampu memenuhi tiga indikator representasi matematis yaitu visual, simbolik, dan verbal. (2) Subjek dengan tipe gaya berpikir sekuensial abstrak mampu memenuhi dua indikator yaitu indikator visual dan verbal tetapi kurang memenuhi indikator simbolik. (3) Subjek dengan tipe gaya berpikir acak konkret (S-AK) mampu memenuhi dua indikator representasi matematis yaitu visual dan verbal namun dalam pengerjaan indikator verbal subjek tidak menuliskan secara rinci. Dan tidak memenuhi indikator simbolik. (4) Subjek dengan tipe gaya berpikir acak abstrak (S-AA) mampu memenuhi dua indikator yaitu visual dan verbal tetapi kurang memenuhi indikator simbolik. Kata kunci: Representasi Matematis, Gaya Berpikir Gregorc, Barisan dan Deret

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Aug 2024 06:26
Last Modified: 08 Aug 2024 06:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13056

Actions (login required)

View Item View Item