ROFIAH, FIDIA HUWAIDA (2024) MANAJEMEN PELATIHAN MEMBATIK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK BATIK TULIS (Studi di Rumah Belajar Batik Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (40kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESHAN .pdf Download (193kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN .pdf Download (143kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (233kB) |
|
Text
5. HALAMAN PRIBADI .pdf Download (3kB) |
|
Text
6. ABSTRAK .pdf Download (10kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR .pdf Download (99kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH .pdf Download (47kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI .pdf Download (62kB) |
|
Text
10. BAB I .pdf Download (64kB) |
|
Text
11. BAB II .pdf Download (182kB) |
|
Text
12. BAB III .pdf Download (127kB) |
|
Text
13. BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (50kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP .pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pelatihan membatik dengan menggunakan teknik batik tulis. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan membatik dengan menggunakan teknik batik tulis di Rumah Belajar Batik Tasikmalaya menerapkan manajemen pelatihan yang sistematis dan terencana dengan memuat 3 aspek penting sebagai alur pengaturan pelatihan agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Pertama, perencanaan pelatihan membatik yang disusun berdasarkan kebutuhan sehingga menghasilkan keputusan yang dapat diterapkan pada pelaksanaan pelatihan membatik. Kedua, pelaksanaan pelatihan membatik di Rumah Belajar Batik Tasikmalaya dilakukan melalui proses pembelajaran pembuatan batik tulis oleh instruktur dengan memuat 4 keterampilan yang diajarkan kepada peserta yaitu membuat desain batik, membantik dengan canting, mewarnai kain batik, dan penghilangan lilin pada kain batik. Ketiga, evaluasi pelatihan membatik di Rumah Belajar Batik Tasikmalaya dilakukan melalui penyebaran angket kepada peserta pelatihan membatik terkait bagaimana penilaian peserta terhadap pelaksanaan pelatihan membatik peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan serta perubahan sikap yang dirasakan oleh peserta pelatihan. Selain itu, dilakukan monitoring dengan cara menindaklanjuti keikutsertaan peserta pelatihan untuk memperdalam keterampilan membatik, melatih kemandirian dan meningkatkan minat usaha pada pengolahan batik sehingga peserta dapat menjalankan usahanya secara mandiri dengan pendampingan dari Rumah Belajar Batik Tasikmalaya. Kata Kunci: Manajemen Pelatihan, Teknik Batik Tulis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 12 Aug 2024 00:48 |
Last Modified: | 12 Aug 2024 00:48 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12992 |
Actions (login required)
View Item |