ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE

RAHMASARY, DHEA FANIA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS PADA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI SELF-CONFIDENCE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1-Cover.pdf

Download (83kB)
[img] Text
2-Lembar Pengesahan.pdf

Download (22kB)
[img] Text
3-Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf

Download (29kB)
[img] Text
4-Pernyataan Keaslian.pdf

Download (13kB)
[img] Text
5-Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
6-Kata Pengantar.pdf

Download (130kB)
[img] Text
7-Daftar isi.pdf

Download (211kB)
[img] Text
8-Daftar Tabel.pdf

Download (167kB)
[img] Text
9-daftar gambar.pdf

Download (168kB)
[img] Text
10-Daftar Lampiran.pdf

Download (174kB)
[img] Text
11-Bab 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
12-Bab 2.pdf

Download (569kB)
[img] Text
13-Bab 3.pdf

Download (399kB)
[img] Text
14-Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15-Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] Text
16-Daftar pustaka.pdf

Download (244kB)
[img] Text
17-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18-Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir komputasional peserta didik dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi barisan dan deret pada peserta didik yang mempunyai self-confidence tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket self-confidence, tes kemampuan berpikir komputasional, dan wawancara. Instrumen penelitian pada penelitian ini menggunakan instrumen non tes yaitu angket, dan instrumen tes yaitu soal kemampuan berpikir komputasional. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X PPLG 2 SMKN 1 Majalengka yang diambil 3 orang sesuai dengan kategori self-confidence. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pada penelitian ini diketahui bahwa subjek dengan kategori self-confidence tinggi (S-33) mampu menyelesaikan permasalahan dengan tepat dan memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir komputasional yaitu berpikir algoritma, dekomposisi, pengenalan pola, serta abstraksi dan generalisasi pola. Subjek dengan kategori self-confidence sedang (S-22) dapat menyelesaikan permasalahan dengan tepat memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir komputasional yaitu berpikir algoritma, dekomposisi, pengenalan pola, serta abstraksi dan generalisasi. Sedangkan subjek dengan kategori self-confidence rendah (S-4) dapat menyelesaikan permasalahan namun kurang tepat dan memenuhi tiga indikator yaitu berpikir algoritma, dekomposisi, dan pengenalan pola. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Komputasional, Soal HOTS, Barisan dan Deret, Self�Confidence

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:27
Last Modified: 07 Aug 2024 02:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12977

Actions (login required)

View Item View Item