KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (PRISMA)

Oftaviani, Ajeng Sundari Nur (2024) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (PRISMA). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (196kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf

Download (105kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (225kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (56kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (23kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (534kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (205kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar (prisma). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Terpadu Daruzzahra Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Pemilihan subjek dilakukan dengan mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuan matematikanya dilihat dari hasil tes, kemudian peneliti mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep pada materi bangun ruang sisi datar (prisma) dilanjutkan dengan wawancara tidak terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok kemampuan pemahaman tinggi hanya satu subjek yang dapat menyelesaikan semua permasalahan pada soal dengan tepat, yang lainnya masih terdapat kesalahan dalam menyatakan unsur-unsur prisma, menentukan jaring-jaring prisma, memberikan contoh dan noncontoh, mengembangkan syarat perlu dan cukup suatu konsep, dan menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu. Pada kelompok kemampuan pemahaman sedang lima subjek dapat menyatakan unsur-unsur prisma dan memberikan contoh dan noncontoh prisma yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat, Sembilan subjek diantaranya tiga hanya dapat menyatakan unsur-unsur prisma dan enam hanya dapat memberikan contoh dan noncontoh dengan tepat, yang lainnya masih banyak terdapat kesalahan. Pada kelompok kemampuan pemahaman rendah subjek tidak dapat menyelesaikan permasalahan pada soal dengan tepat. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Prisma

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:23
Last Modified: 07 Aug 2024 02:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12965

Actions (login required)

View Item View Item