PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024) SKRIPSI

UTAMI, RITA YULIA YULESTARI RIZKI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024) SKRIPSI. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (34kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
6. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (100kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (97kB)
[img] Text
9. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (157kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (102kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (325kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (559kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 4 Tasikmalaya, permasalahan yang terdapat di SMA Negeri 4 Tasikmalaya adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi teori kinetik gas serta kurangnya inovasi model pembelajaran. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah ini ditandai berdasarkan hasil studi pendahuluan berupa wawancara kepada guru dan siswa serta tes kemampuan pemecahan masalah dengan nilai rata-rata 41,75. Peneliti menerapkan model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dalam mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi teori kinetik gas. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik 190 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas sampel dengan masing-masing satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dilakukan tes sebelum perlakuan (pre-test) dan setelah diberi perlakuan (post-test) berupa soal uraian. Masing-masing soal tersebut mencakup indikator kemampuan pemecahan masalah. Teknik pengolahan data yang digunakan berupa uji validasi instrumen, uji coba instrumen uji prasyarat, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Berdasarkan perhitungan hipotesis didapatkan bahwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:52
Last Modified: 05 Aug 2024 03:52
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12918

Actions (login required)

View Item View Item