RAHMADIANA, RAIHAN TRI (2024) PROSES BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL AKM DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF VISUALIZER DAN VERBALIZER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1_Cover.pdf Download (82kB) |
|
Text
2_Lembar Pengesahan.pdf Download (105kB) |
|
Text
3_Surat Keterangan Revisi.pdf Download (160kB) |
|
Text
4_Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf Download (99kB) |
|
Text
5_Abstrak.pdf Download (7kB) |
|
Text
6_Kata Pengantar.pdf Download (57kB) |
|
Text
7_Daftar Isi.pdf Download (49kB) |
|
Text
8_Daftar Tabel.pdf Download (31kB) |
|
Text
9_Daftar Gambar.pdf Download (31kB) |
|
Text
10_Daftar Lampiran.pdf Download (36kB) |
|
Text
11_Bab 1.pdf Download (86kB) |
|
Text
12_Bab 2.pdf Download (314kB) |
|
Text
13_Bab 3.pdf Download (219kB) |
|
Text
14_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (838kB) |
|
Text
15_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
16_Daftar Pustaka.pdf Download (149kB) |
|
Text
17_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text
18_Riwayat Penulis.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kreatif peserta didik dalam menyelesaikan soal AKM ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data terdiri dari penyebaran angket gaya kognitif visualizer dan verbalizer, tes soal AKM, dan wawancara. Subjek dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas VII F SMP Negeri 8 Tasikmalaya yang berjumlah 28 orang dengan tiga subjek yang diambil pada masing-masing gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Berdasarkan hasil penelitian, subjek dengan gaya kognitif visualizer melalui seluruh tahapan proses berpikir kreatif menurut Wallas. Pada tahap persiapan semua subjek membaca soal yang diberikan dan dapat menjelaskan maksud soal. Selanjutnya pada tahap inkubasi semua subjek berhenti sejenak untuk memikirkan solusi permasalahan dan mengingat kembali materi yang pernah dipelajari. Selanjutnya pada tahap iluminasi semua subjek merencanakan strategi penyelesaian masalah dapat menjelaskan strategi yang akan digunakan. Pada tahap verifikasi semua subjek menggunakan strategi yang sebelumnya sudah direncanakan. Subjek dengan gaya kognitif verbalizer melalui seluruh tahapan proses berpikir kreatif menurut Wallas. Pada tahap persiapan semua subjek membaca soal yang diberikan dan menuliskan informasi pada soal serta dapat menjelaskan maksud soal. Selanjutnya pada tahap inkubasi semua subjek membaca soal secara berulang-ulang dan mengingat kembali materi yang sudah dipelajari. Selanjutnya pada tahap iluminasi semua subjek merencanakan strategi penyelesaian masalah pada soal dan hanya menggunakan satu cara penyelesaian. Pada tahap terakhir yaitu tahap verifikasi semua subjek menggunakan strategi yang sebelumnya sudah direncanakan dan melakukan pemeriksaan kembali terhadap hasil pada lembar jawaban. Kata kunci: Proses Berpikir Kreatif, AKM, Visualizer dan Verbalizer
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 07:47 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 07:47 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12896 |
Actions (login required)
View Item |