ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA (KAM)

BARQIYAH, MARISA SOFWATUNNISA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA (KAM). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER .pdf

Download (81kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf

Download (220kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf

Download (79kB)
[img] Text
5. ABSTRAK .pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR .pdf

Download (119kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (116kB)
[img] Text
9. BAB 2 .pdf

Download (218kB)
[img] Text
10. BAB 3 .pdf

Download (131kB)
[img] Text
11. BAB 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (80kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman matematis peserta didik ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan pemahaman matematis materi persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian ini adalah tiga orang peserta didik kelas 8 SMP PUI Cicurug yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak semua subjek mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek, pada peserta didik dengan kemampuan awal matematika tinggi, ia mampu menyelesaikan indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek, baik pemahaman komputasional (menyelesaikan soal secara terstruktur/ berurutan, menerapkan metode untuk menyelesaikan soal, mengerjakan perhitungan secara algoritmik) dan pemahaman fungsional (mengaitkan soal ke dalam bentuk variabel, membuktikan kebenaran suatu metode). Peserta didik dengan kemampuan awal matematika sedang, kurang mampu menyelesaikan indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek dengan baik, seperti peserta didik hanya mampu menyelesaikan 1 indikator pemahaman fungsional (mengaitkan soal ke dalam bentuk variabel), pada indikator menerapkan metode untuk menyelesaikan soal dan mengerjakan perhitungan secara algoritmik ia tidak mampu menyelesaikan indikator tersebut, dan pada indikator membuktikan kebenaran suatu metode peserta didik tidak dapat membuktikan dengan metode lain. Peserta didik dengan kemampuan awal rendah, tidak mampu menyelesaikan semua indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek, ia hanya mampu menyelesaikan indikator pemahaman komputasional (menyelesaikan soal secara terstruktur/ berurutan) dan tidak mampu menyelesaikan indikator lainnya seperti mengaitkan soal ke dalam bentuk variabel, menerapkan metode untuk menyelesaikan soal, mengerjakan perhitungan secara algoritmik, dan membuktikan kebenaran suatu metode. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Polattsek, Kemampuan Awal Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Aug 2024 03:45
Last Modified: 02 Aug 2024 03:45
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12891

Actions (login required)

View Item View Item