BARQIYAH, MARISA SOFWATUNNISA (2024) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA (KAM). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (81kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (308kB) |
|
Text
3. SURAT KETERANGAN REVISI UJIAN SKRIPSI.pdf Download (220kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (79kB) |
|
Text
5. ABSTRAK .pdf Download (6kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR .pdf Download (119kB) |
|
Text
8. BAB 1.pdf Download (116kB) |
|
Text
9. BAB 2 .pdf Download (218kB) |
|
Text
10. BAB 3 .pdf Download (131kB) |
|
Text
11. BAB 4 .pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (6kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (80kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemahaman matematis peserta didik ditinjau dari kemampuan awal matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemahaman matematis dan wawancara. Instrumen yang diberikan berupa soal tes kemampuan pemahaman matematis materi persamaan linear dua variabel. Subjek penelitian ini adalah tiga orang peserta didik kelas 8 SMP PUI Cicurug yang memiliki kemampuan awal matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak semua subjek mampu menyelesaikan soal dengan menggunakan indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek, pada peserta didik dengan kemampuan awal matematika tinggi, ia mampu menyelesaikan indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek, baik pemahaman komputasional (menyelesaikan soal secara terstruktur/ berurutan, menerapkan metode untuk menyelesaikan soal, mengerjakan perhitungan secara algoritmik) dan pemahaman fungsional (mengaitkan soal ke dalam bentuk variabel, membuktikan kebenaran suatu metode). Peserta didik dengan kemampuan awal matematika sedang, kurang mampu menyelesaikan indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek dengan baik, seperti peserta didik hanya mampu menyelesaikan 1 indikator pemahaman fungsional (mengaitkan soal ke dalam bentuk variabel), pada indikator menerapkan metode untuk menyelesaikan soal dan mengerjakan perhitungan secara algoritmik ia tidak mampu menyelesaikan indikator tersebut, dan pada indikator membuktikan kebenaran suatu metode peserta didik tidak dapat membuktikan dengan metode lain. Peserta didik dengan kemampuan awal rendah, tidak mampu menyelesaikan semua indikator kemampuan pemahaman matematis menurut polattsek, ia hanya mampu menyelesaikan indikator pemahaman komputasional (menyelesaikan soal secara terstruktur/ berurutan) dan tidak mampu menyelesaikan indikator lainnya seperti mengaitkan soal ke dalam bentuk variabel, menerapkan metode untuk menyelesaikan soal, mengerjakan perhitungan secara algoritmik, dan membuktikan kebenaran suatu metode. Kata kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Polattsek, Kemampuan Awal Matematika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Aug 2024 03:45 |
Last Modified: | 02 Aug 2024 03:45 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12891 |
Actions (login required)
View Item |