STUDI TENTANG PERSEPSI MATEMATIKA DAN KECEMASAN MATEMATIS DITINJAU DARI FAKTOR GENDER PADA SISWA SMP NEGERI 3 SALAWU

APRILIANI, LENI (2024) STUDI TENTANG PERSEPSI MATEMATIKA DAN KECEMASAN MATEMATIS DITINJAU DARI FAKTOR GENDER PADA SISWA SMP NEGERI 3 SALAWU. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text
03. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
04. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (201kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (125kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
08. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text
09. BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (493kB)
[img] Text
10. BAB 3 PROSEDUR PENELITIAN.pdf

Download (391kB)
[img] Text
11. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (931kB)
[img] Text
12. BAB 5 SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan matematis ditinjau dari faktor gender serta mengetahui profil kecemasan matematis dan persepsi matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 3 Salawu yang terdiri dari 166 siswa, sampel dalam penelitian diambil dari enam kelas dengan teknik cluster random sampling dan terpilih 133 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner kecemasan matematis, kuesioner persepsi matematika dan kuesioner elaborasi berupa pertanyaan terbuka. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan uji anova dua jalur, uji korelasi, dan uji regresi sederhana, dengan menghitung koefisien korelasi, melihat nilai signifikansi, dan menghitung koefisien determinasi. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, diperoleh hasil (1) Profil persepsi matematika secara keseluruhan pada siswa laki-laki maupun siswa perempuan memiliki persepsi matematika positif; (2) Profil kecemasan matematis secara keseluruhan pada siswa laki-laki maupun siswa perempuan yaitu cenderung tidak merasa cemas terhadap matematika; (3) Terdapat perbedaan kecemasan matematis yang signifikan antara siswa yang memiliki persepsi matematika positif dan persepsi matematika negatif pada siswa jenjang SMP Negeri 3 Salawu; (4) Tidak terdapat perbedaan kecemasan matematis yang signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan pada siswa jenjang SMP Negeri 3 Salawu; (5) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara faktor persepsi matematika dan gender terhadap kecemasan matematis pada siswa jenjang SMP Negeri 3 Salawu; dan (6) Terdapat pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan matematis, untuk siswa laki-laki sebesar 59,3% sedangkan untuk siswa perempuan sebesar 56,9%. Hal tersebut ditunjukan dengan terdapatnya korelasi yang artinya setiap penambahan satu nilai persepsi matematika akan menaikan skor kecemasan matematis dengan kata lain setiap penambahan satu nilai persepsi matematika akan menurunkan tingkat kecemasan matematis. Kata kunci: Persepsi Matematika, Kecemasan Matematis, Gender.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:33
Last Modified: 31 Jul 2024 02:33
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12791

Actions (login required)

View Item View Item