PENGARUH PERSEPSI HARGA, PERSEPSI KUALITAS, AFFILIATE MARKETING DAN LIVE SHOPPING TERHADAP MINAT BELI PADA PENGGUNA SHOPEE DI TASIKMALAYA SKRIPSI Disusun Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi (S.E) Pada Program Studi Ekonomi Syari’ah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi

Cahyani, Alya Dwi (2024) PENGARUH PERSEPSI HARGA, PERSEPSI KUALITAS, AFFILIATE MARKETING DAN LIVE SHOPPING TERHADAP MINAT BELI PADA PENGGUNA SHOPEE DI TASIKMALAYA SKRIPSI Disusun Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi (S.E) Pada Program Studi Ekonomi Syari’ah Fakultas Agama Islam Universitas Siliwangi. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (120kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (189kB)
[img] Text
3. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (46kB)
[img] Text
4. PEDOMAN TRANSLITERASI ARAB LATIN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (158kB)
[img] Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (150kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (394kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (365kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (629kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pada Era 5.0 saat ini merupakan era dimana teknologi semakin banyak di manfaatkan pada setiap aspek kehidupan manusia. Pemenuhan kebutuhan manusia salah satunya dilakukan dengan cara jual beli. Banyak perusahaan e-commerce yang memanfaatkan pemasaran digital dengan mempadukannya dengan harga dan kualitas produk yang ditawarkannya. Pada hal ini, masyarakat di Tasikmalaya tentunya memiliki persepsi tertentu yang mendorong mereka untuk melakukan pembelian di e-commerce Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah masing-masing variabel independen yaitu persepsi harga, persepsi kualitas, affiliate marketing dan live shopping berpengaruh siginfikan terhadap minat beli pada pengguna shopee di Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling dan menggunakan pendekan rumus Lameshow. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen muslim pengguna Shopee di Tasikmalaya dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi harga, persepsi kualitas, affiliate marketing dan live shopping secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat beli pengguna Shopee di Tasikmalaya. Hal ini di buktikan dengan uji F yang menunjukan perolehan hasil fhitung sebesar 4.450 berada pada tingkat signifikansi 0,002. Menurut uji t affiliate marketing secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli pada pengguna Shopee di Tasikmalaya. Hal ini di buktikan dengan nilai thitung affiliate marketing sebesar 1.853 dengan tingkat signifikan 0.067 > 0,05. Sedangkan pada persepsi harga, persepsi kualitas dan live shopping secara parsial berpengaruh terhadap minat beli pada pengguna Shopee di Tasikmalaya. Hal ini di buktikan dengan nilai thitung persepsi harga sebesar 2.126 dengan tingkat signifikan 0.036 > 0.05, nilai thitung persepsi kualitas sebesar 2.578 dengan tingkat signifikan 0.011 < 0,05, nilai thitung live Shopping sebesar 3.030 dengan tingkat signifikan 0.003 < 0,05. Kesimpulannya bahwa faktor persepsi harga (X1) , persepsi kualitas (X2) dan live Shopping (X4) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap minat beli pengguna Shopee di Tasikmalaya. Sedangkan faktor affiliate marketing (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada pengguna Shopee di Tasikmalaya. Akan tetapi, faktor persepsi harga (X1), persepsi kualitas (X2), affiliate marketing (X3), dan live shopping (X4) berpengaruh secara simultan terhadap minat beli pengguna Shopee di Tasikmalaya. Kata Kunci: Persepsi Harga, Persepsi Kualitas, Affiliate Marketing, Live Shopping, Minat Beli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:42
Last Modified: 30 Jul 2024 01:42
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12720

Actions (login required)

View Item View Item