APRIALDA, GIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (211kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (151kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (115kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (120kB) |
|
Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (189kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (308kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (194kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (290kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (319kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (676kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (914kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (424kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik menjadi salah satu permasalahan pembelajaran di SMA Negeri 1 Singaparna karena masih ada beberapa peserta didik yang nilai PAS Ganjil mata pelajaran ekonomi di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singaparna yang berjumlah 142 orang. Purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel, yaitu kelas eksperimen (XI IPS 4) dan kelas kontrol (XI IPS 1) dengan jumlah 36 peserta didik. Tes berbentuk multiple-choice digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,71 (Tinggi). 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,46 (Sedang). 3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sesudah perlakuan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Wordwall, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 29 Jul 2024 06:27 |
Last Modified: | 29 Jul 2024 06:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12705 |
Actions (login required)
View Item |