PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024)

APRIALDA, GIA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (211kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (151kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (189kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (308kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (194kB)
[img] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (290kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (676kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (914kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik menjadi salah satu permasalahan pembelajaran di SMA Negeri 1 Singaparna karena masih ada beberapa peserta didik yang nilai PAS Ganjil mata pelajaran ekonomi di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Singaparna yang berjumlah 142 orang. Purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel, yaitu kelas eksperimen (XI IPS 4) dan kelas kontrol (XI IPS 1) dengan jumlah 36 peserta didik. Tes berbentuk multiple-choice digunakan sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,71 (Tinggi). 2) Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sebelum dan sesudah perlakuan dengan nilai rata-rata N-Gain 0,46 (Sedang). 3) Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berbantuan media Wordwall dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional sesudah perlakuan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Pembelajaran Wordwall, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:27
Last Modified: 29 Jul 2024 06:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12705

Actions (login required)

View Item View Item