PERSEPSI MATEMATIKA DAN KECEMASAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KOTA TASIKMALAYA DITINJAU BERDASARKAN KELAS PEMINATAN (IPA/IPS)

AMARULLOH, SANDY IHSAN (2024) PERSEPSI MATEMATIKA DAN KECEMASAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SMA NEGERI DI KOTA TASIKMALAYA DITINJAU BERDASARKAN KELAS PEMINATAN (IPA/IPS). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (82kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (188kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (354kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (6kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (58kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (82kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (195kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (210kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (319kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi matematika terhadap kecemasan matematispeserta didik ditinjau berdasarkan kelas peminatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey teknik pengumpulan data dengan pengamatan (wawancara atau kuesioner). peserta didik kelas XI SMA Negeri se-kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 10 sekolah., sampel dalam penelitian diambil sebanyak dua kelas masing-masing sekolah yang terdiri dari satu kelas peminatan IPA dan satu kelas peminatan IPS dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner persepsi matematika, kuesioner kecemasan matematis. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan Uji Anova satu jalur, Uji Anova dua jalur, dengan Uji regrersi linier sederhana. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data, dapat disimpulkan bahwa Profil persepsi matematika peserta didik pada kelas peminatan IPA memiliki persepsi matematika yang positif dan untuk kelas peminatan IPS persepsi matematika yang dimiliki oleh peserta didiknya yaitu persepsi matematika yang positif. Sedangkan untuk profil kecemasan matematis peserta didik pada kelas peminatan IPA yaitu cenderung tidak merasa cemas terhadap matematika dan untuk kelas peminatan IPS kecemasan matematis yang dimiliki oleh peserta didiknya yaitu cenderung masih cemas terhadap matematika, hasil penelitian juga menyebutkan bahwa terdapat perbedaan kecemasan matematis yang signifikan antara peserta didik yang memiliki persepsi matematika positif dan persepsi matematika negatif pada jenjang SMA Negeri di kota Tasikmalaya, terdapat perbedaan kecemasan matematis yang signifikan antara peserta didik kelas peminatan IPA dan IPS pada jenjang SMA Negeri di kota Tasikmalaya dan tidak terdapat pengaruh interaksi antara faktor persepsi matematika dan kelas peminatan (IPA & IPS) terhadap kecemasan matematis peserta didik pada jenjang SMA Negeri di Kota Tasikmalaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:45
Last Modified: 31 Jul 2024 06:51
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12701

Actions (login required)

View Item View Item