ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MENGGUNAKAN TWO-TIER DIAGNOSTIC TEST DITINJAU DARI DOMINASI OTAK

MARWAH, NOVIA (2024) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MENGGUNAKAN TWO-TIER DIAGNOSTIC TEST DITINJAU DARI DOMINASI OTAK. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (379kB)
[img] Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (266kB)
[img] Text
03. SURAT KETERANGAN.pdf

Download (783kB)
[img] Text
04. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (469kB)
[img] Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (502kB)
[img] Text
06. KATA PENGANTAR.pdf

Download (426kB)
[img] Text
07. DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
08. DAFTAR TABEL.pdf

Download (27kB)
[img] Text
09. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (24kB)
[img] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text
11. BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
12. BAB II.pdf

Download (254kB)
[img] Text
13. BAB III.pdf

Download (184kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] Text
18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (42kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan miskonsepsi pada materi sistem persamaan linear dua variabel menggunakan two-tier diagnostic test ditinjau dari dominasi otak. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 5 Ciamis pada kelas VIII A. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif eksploratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes diagnostik two-tier pada materi sistem persamaan linear dua variabel, angket dominasi otak, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal two-tier diagnostic test pada materi sistem persamaan linear dua variabel, angket dominasi otak dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) siswa dengan dominasi otak kiri (SKR1 dan SKR2) menunjukan beragam miskonsepsi dalam pemahaman materi sistem persamaan linear dua variabel meliputi aspek persamaan, operasi, variabel dan pecahan. SKR1 cenderung mengalami miskonsepsi terkait dengan konsep persamaan dan operasi, sedangkan SKR2 cenderung mengalami miskonsepsi dalam terkait konsep pecahan, operasi, dan sifat operasi matematika. (2) siswa dengan dominasi otak kanan (SKN1 dan SKN2) menunjukan beragam miskonsepsi terkait dengan konsep operasi, variabel, dan pecahan. SKN1 mengalami miskonsepsi operasi, sedangkan SKN2 mengalami miskonsepsi terkait dengan konsep variabel, operasi dan pecahan. Kata kunci: Miskonsepsi; Two-tier diagnostic test; Dominasi otak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 26 Jul 2024 06:25
Last Modified: 26 Jul 2024 06:25
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12661

Actions (login required)

View Item View Item