FITRIYANI, PRANSISKA NUR (2024) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (156kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (264kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (178kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (148kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (172kB) |
|
Text
07 DAFTAR TABEL.pdf Download (148kB) |
|
Text
08 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (121kB) |
|
Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (143kB) |
|
Text
10 BAB I.pdf Download (183kB) |
|
Text
11 BAB II.pdf Download (279kB) |
|
Text
12 BAB III.pdf Download (392kB) |
|
Text
13 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
|
Text
14 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (193kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN-.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik. Dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan membandingkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dengan tipe Team Assisted Individualization di kelas XI IPS SMAN 4 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan jenis komparatif atau perbandingan dengan desain pretest posttest nonequivalent multiple group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah sebanyak 186 peserta didik. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas XI IPS 1 yang berjumlah 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen 1 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dan kelas XI IPS 3 yang berjumlah 37 peserta didik sebagai kelas eksperimen 2 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan pengambilan sampel menggunakan teknik non probality sampling. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang signifikan baik yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division atau yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization sebelum dan sesudah perlakuan pada mata pelajaran ekonomi, namun nilai rata-rata posttest menunjukkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division lebih unggul dibandingkan dengan nilai rata-rata posttest yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization, dengan demikian dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division lebih unggul dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Student Team Achievement Division, Team Assisted Individualization
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 06:18 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 06:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12551 |
Actions (login required)
View Item |