AMATILAH, SIWI ANDRIYANI (2024) PENGARUH PUNISHMENT DAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Survei Studi Siswa Kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Ciawi Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (54kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (401kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERYATAAN.pdf Download (306kB) |
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (36kB) |
|
Text
05. KATA PENGANTAR.pdf Download (118kB) |
|
Text
06. DAFTAR ISI (1).pdf Download (102kB) |
|
Text
07. DAFTAR TABEL.pdf Download (32kB) |
|
Text
08. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (30kB) |
|
Text
09. LAMPIRAN.pdf Download (30kB) |
|
Text
10. BAB 1.pdf Download (104kB) |
|
Text
11. BAB 2.pdf Download (246kB) |
|
Text
12. BAB 3.pdf Download (416kB) |
|
Text
13. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (417kB) |
|
Text
14. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (163kB) |
|
Text
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik kelas XI mata pelajaran ekonomi, hal ini terlihat dari banyak peserta didik yang bolos pada saat jam pelajaran sedang berlangsung, terlambatnya siswa dalam mengumpulkan tugas, serta banyak peserta didik yang tidak memperhatikan guru pada saat menjelaskan materi. Kemudian nilai ulangan tengah semester peserta didik yang masih banyak nilainya di bawah KKM ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh punishment dan reward terhadap motivasi belajar peserta didik serta implikasinya terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dengan desain explanatory. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 439. Teknik pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan cara simple random sampling sampel yang diambil yaitu 209 peserta didik. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan bantuan aplikasi Amos Versi 26. Hasil penelitian dari pengaruh langsung menunjukan punishment berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai P-Value 0,006, reward berpengaruh terhadap motivasi belajar dengan nilai P-Value 0,037, punishment berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai P-Value 0,003, reward berpengaruh terhadap hasil belajar dengan nilai P-Value *** atau < 0,001, motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik P-Value *** atau < 0,001. Kemudian hasil penelitian dari pengaruh tidak langsung menunjukan punishment berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai Z-Sobel 2,727, dan reward berpengaruh terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar dengan nilai Z-Sobel yaitu 2,167. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu punishment dan reward berpengaruh terhadap motivasi belajar dan secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar. Kata Kunci: Punishment, Reward, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 23 Jul 2024 04:27 |
Last Modified: | 23 Jul 2024 04:27 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12545 |
Actions (login required)
View Item |