STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEH SERBUK “PUDER TEA” (Kasus di PD Selamat Jaya yang bermitra dengan SMKN Bojonggambir)

NURMASAHARA, HILDA (2024) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA TEH SERBUK “PUDER TEA” (Kasus di PD Selamat Jaya yang bermitra dengan SMKN Bojonggambir). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (91kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (363kB)
[img] Text
3. ABSTRAK, ABSTRACT.pdf

Download (145kB)
[img] Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (300kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (77kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf

Download (189kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (115kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (204kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (266kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text
12. BAB 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf

Download (39kB)

Abstract

PD Selamat Jaya sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi teh perlu merumuskan strategi yang tepat untuk pengembangan usahanya. PD Selamat Jaya mempunyai produk teh sejak awal tahun 2023 yang belum mampu bersaing di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman serta mengidentifikasi alternatif strategi dan menentukan strategi prioritas yang tepat untuk diterapkan dalam pengembangan produk Teh Serbuk “Puder Tea”. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pembahasan dilakukan secara deskriptif kualitatif. Tempat penelitian dilakukan di PD Selamat Jaya yang berlokasi di Desa Mangkonjaya, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya. Teknik penentuan responden menggunakan purposive. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan ialah analisis SWOT dan analisis QSPM. Hasil analisis menunjukkan bahwa Faktor internal yang menjadi kekuatan terbesar ialah kemasan produk yang menarik, sedangkan yang menjadi kelemahan terbesar ialah akses lokasi yang jauh dengan calon konsumen. Faktor eksternal yang menjadi peluang terbesar ialah ketersediaan bahan baku yang melimpah sedangkan ancaman terbesar ialah persaingan usaha dan kompetisi pasar. Berdasarkan analisis SWOT terdapat 9 strategi alternatif yang bisa di terapkan di PD Selamat Jaya dan Strategi prioritas yang dipilih berdasarkan QSPM ialah meningkatkan kualitas produk teh melalui penguatan kerjasama dengan mitra petani dan mitra pengemasan produk. Kata Kunci : Pengembangan, Puder Tea, QSPM, Strategi, SWOT, Teh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:30
Last Modified: 22 Jul 2024 08:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12517

Actions (login required)

View Item View Item