Safinatunnajah, Ghina Salsabila (2024) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBANTUAN LOOKER STUDIO DALAM MENGEKSPLORASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (114kB) |
|
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (196kB) |
|
Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (237kB) |
|
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
|
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (155kB) |
|
Text
06 DAFTAR ISI.pdf Download (250kB) |
|
Text
07 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (248kB) |
|
Text
08 DAFTAR TABEL.pdf Download (178kB) |
|
Text
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (239kB) |
|
Text
10 BAB 1.pdf Download (265kB) |
|
Text
11 BAB 2.pdf Download (789kB) |
|
Text
12 BAB 3.pdf Download (435kB) |
|
Text
13 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
14 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (197kB) |
|
Text
16 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
17 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbantuan Looker Studio dalam mengeksplorasi kemampuan representasi matematis pada materi statistika. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D) dengan model pengembangan yang digunakan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara semi terstruktur, kuesioner, dan tes kemampuan representasi matematis. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar wawancara, kuesioner dan soal tes kemampuan representasi matematis. Data penelitian ini diperoleh dari dua validator ahli materi, 2 validator ahli media, peserta didik kelas VIII dan guru matematika SMPN 3 Tasikmalaya. Penelitian ini menghasilkan LKPD berbantuan Looker Studio yang mampu mengeksplorasi kemampuan representasi matematis peserta didik pada materi statistika. Kelayakan LKPD ini dinilai berdasarkan 3 kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, untuk kevalidan dapat dilihat dari hasil validasi materi dan validasi media, kepraktisan dilihat dari respon peserta didik dan respon guru, kefektifan dilihat dari ketuntasan tes kemampuan representasi matematis peserta didik. LKPD ini dinyatakan sangat valid oleh ahli materi dan ahli media, peserta didik dan guru memberikan respon pengembangan LKPD berbantuan Looker Studio ini sangat praktis dan hasil tes kemampuan representasi matematis peserta didik menghasilkan kriteria efektif. Kata Kunci : Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD), Looker Studio, Research & Development, ADDIE, Statistika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 02:05 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 02:05 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12433 |
Actions (login required)
View Item |