PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Jatiwaras, Tahun Ajaran 2023/2024)

SABILA, HANA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING, QUESTIONING, AND ANSWERING (RQA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI VIRUS (Studi Eksperimen di Kelas X SMA Negeri 1 Jatiwaras, Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (186kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (176kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (523kB)
[img] Text
5. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (193kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (306kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (335kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (717kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan revolusi industri menuntut peserta didik untuk memiliki beberapa kemampuan berpikir tingkat tinggi agar mampu menghadapi tantangan global di abad 21. Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik di abad 21. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar melalui penggunaan model pembelajaran yang aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi virus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022 sampai dengan Februari 2024. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi-experiment dengan the matching posttest-only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Jatiwaras sebanyak 11 kelas dengan jumlah peserta didik 372 orang. Sampel penelitian di kelas X-2 sebanyak 33 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan di kelas X-1 sebanyak 33 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian kemampuan berpikir kritis berjumlah 14 butir soal dan 30 soal pilihan majemuk untuk hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji one way Anova dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Reading, Questioning and Answering (RQA) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada materi virus di kelas X SMA Negeri 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2023/2024. Kata kunci: model pembelajaran, Reading, Questioning and Answering (RQA), berpikir kritis, hasil belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Apr 2024 03:09
Last Modified: 04 Apr 2024 03:09
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12396

Actions (login required)

View Item View Item