IZMIATI, INDRI IZNI (2023) PENERAPAN DISCOVERY LEARNING (DL) BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM(AILS) TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. Cover.pdf Download (34kB) |
|
Text
02. Lembar Pengesahan.pdf Download (197kB) |
|
Text
03. Pernyataan Keaslian.pdf Download (199kB) |
|
Text
04. Abstrak.pdf Download (29kB) |
|
Text
05. Abstract.pdf Download (28kB) |
|
Text
06. Ucapan Terima Kasih.pdf Download (248kB) |
|
Text
07. Kata Pengantar.pdf Download (212kB) |
|
Text
08. Daftar Isi.pdf Download (192kB) |
|
Text
09. Daftar Tabel.pdf Download (108kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (35kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (127kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (518kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (28kB) |
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (184kB) |
|
Text
17. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
18. Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih telah membawa perubahan dalam proses pembelajaran. Salah satu perkembangan teknologi yang sedang menjadi perbincangan pada saat ini yaitu Artificial Intelligence (AI). Salah satu contoh kecerdasan buatan dalam bidang pendidikan yaitu Artificial Intelligence Learning System (AILS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbantuan AILS terhadap keterampilan komunikasi dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen dengan the matching-only posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Sampel diambil menggunakan Teknik Purposive Sampling dengan berdasarkan kriteria peserta didik yang memiliki handphone serta rekomendasi dari guru berdasarkan kesamaan dalam nilai rata-rata kelas sehingga didapatkan kelas XI MIPA 1 sebanyak 35 peserta didik dan XI MIPA 2 sebanyak 34 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, analisis data observasi, uji prasyarat dan uji hipotesis dengan menggunakan uji ancova. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai significansi sebesar 0,020 atau nilai signifikansi < 0,005 sehingga Ho ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan discovery learning berbantuan artificial intelligence learning system memiliki pengaruh terhadap keterampilan komunikasi lisan dan hasil belajar kognitif peserta didik. Kata Kunci: Discovery learning, Artificial Intelligence Learning System, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 07:26 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 07:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12375 |
Actions (login required)
View Item |