ROCHMAN, NABILAH AUFA AUDELIA ALAWWALU (2023) HUBUNGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE DENGAN STATUS GIZI REMAJA PADA SISWA SMPN 1 WARUNGKONDANG KABUPATEN CIANJUR. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 COVER.pdf Download (86kB) |
|
Text
02 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (158kB) |
|
Text
02 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (158kB) |
|
Text
03 PERNYATAAN MATERAI-1.pdf Download (132kB) |
|
Text
07 ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text
08 KATA PENGANTAR.pdf Download (74kB) |
|
Text
04DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
|
Text
05 DAFTAR TABEL.pdf Download (62kB) |
|
Text
06 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (58kB) |
|
Text
09 BAB 1.pdf Download (143kB) |
|
Text
10 BAB 2.pdf Download (430kB) |
|
Text
11 BAB 3.pdf Download (209kB) |
|
Text
12 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
|
Text
13 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) |
|
Text
14 BAB 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
|
Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (63kB) |
|
Text
16 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) |
|
Text
18 DRH.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
Abstract
Salah satu teknologi digital yang saat ini ada adalah game online. Bermain game online dengan intensitas yang tinggi dapat menyebabkan berat badan menurun namun pada saat yang sama dapat meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan pada jangka panjang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kecanduan bermain game online dengan status gizi remaja pada siswa SMPN 1 Warungkondang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan desain studi cross-sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 265 orang siswa yang berada di kelas 7 dan 8 yang dipilih melalui teknik quota sampling dengan kriteria inklusi gemar bermain game online. Dalam penelitian ini, sampel akan menerima perlakuan pengukuran status gizi yakni menggunakan pengukuran antropometri secara langsung yaitu berat badan dan tinggi badan. Metode analisis data dengan statistik deskriptif dengan cara melihat presentasi setiap hasil pengukuran variabel. Frekuensi siswa SMPN 1 Warungkondang, Kabupaten Cianjur yang bermain game online adalah 156 siswa (58,9%) dengan kategori kecanduan sedang terhadap game online. Status gizi anak yang bermain game online tergolong dalam klasifikasi gizi baik dengan nilai presentasi 61,1%. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi-square. Hasil analisis terdapat hubungan antara kecanduan bermain game online dengan status gizi remaja (p-value < 0,05). Saran dari penelitian ini adalah anak yang bermain game online sebaiknya mengurangi waktu bermain game online dan menemukan aktivitas baru yang lebih bermanfaat dan menyenangkan, serta perlu pengawasan dari orang tua untuk melakukan aktivitas bersama. Kata kunci: Game Online, Status Gizi, Remaja
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 07:24 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 07:24 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12355 |
Actions (login required)
View Item |