RAHMAWATI, NADHYA (2023) HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI (Studi Korelasional di Kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1.COVER.pdf Download (56kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (201kB) |
|
Text
3.LEMBAR PERNYATAAN .pdf Download (200kB) |
|
Text
4.ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (183kB) |
|
Text
6.UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (147kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (177kB) |
|
Text
8. DAFTAR TABEL.pdf Download (175kB) |
|
Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (171kB) |
|
Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (170kB) |
|
Text
11. BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text
12. BAB II.pdf Download (349kB) |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) |
|
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (147kB) |
|
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
|
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
18. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
Abstract
Dalam proses pembelajaran, kurangnya kecerdasan intrapersonal dan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di Kelas X MIPA MAN 2 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2021/2022. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan populasi yaitu seluruh kelas X MIPA dan dipilih sampel sebanyak dua kelas menggunakan teknik sampling jenuh dan terpilih kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 MAN 2 kota Tasikmalaya yang berjumlah 55 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket kecerdasan intrapersonal sebanyak 45 item pernyataan dan angket motivasi belajar sebanyak 32 item pernyataan. Data dianalisis menggunakan analisis statistik uji korelasi product moment, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,351. (2) terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,400. (3) terdapat hubungan antara kecerdasan intrapersonal dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi 0,472. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan intrapersonal dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Motivasi Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 07:18 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 07:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12344 |
Actions (login required)
View Item |