NOVEL-READING PRACTICES IN THE EXTENSIVE READING CLASS: DIAGNOSING PROBLEMS AND SEEKING FOR SOLUTIONS

MARAHAENI, ZAFIRAH (2023) NOVEL-READING PRACTICES IN THE EXTENSIVE READING CLASS: DIAGNOSING PROBLEMS AND SEEKING FOR SOLUTIONS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (263kB)
[img] Text
02 APPROVAL SHEET.pdf

Download (509kB)
[img] Text
03 PERNYATAAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
06 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (126kB)
[img] Text
05 PREFACE.pdf

Download (484kB)
[img] Text
07 TABLE OF CONTENS.pdf

Download (675kB)
[img] Text
08 LIST OF TABLES.pdf

Download (120kB)
[img] Text
09 LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (5kB)
[img] Text
10 CHAPTER 1.pdf

Download (134kB)
[img] Text
11 CHAPTER 2.pdf

Download (144kB)
[img] Text
12 CHAPTER 3.pdf

Download (161kB)
[img] Text
13 CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
14 CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text
15 REFERENCES.pdf

Download (777kB)
[img] Text
16 CV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Kelas membaca ekstensif, sering disebut sebagai kelas ER (Extensive Reading), merupakan pendekatan pembelajaran yang bertujuan untuk mempromosikan pembelajaran bahasa dan pengembangan literasi melalui membaca berbagai topik. Selain itu, penelitian ini berfokus pada aspek tertentu dalam konteks ER, yaitu novel. Selanjutnya, penelitian ini berfokus pada identifikasi masalah yang dihadapi siswa dalam membaca novel selama kelas membaca ekstensif dan solusi mereka untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Untuk mencapai tujuan penelitian, digunakan desain penelitian studi kasus deskriptif. Selain itu, tiga peserta dari Departemen Pendidikan Bahasa Inggris tahun akademik 2021, yang mengikuti kelas membaca ekstensif, terlibat dalam penelitian ini. Wawancara semi terstruktur digunakan untuk pengumpulan data, dan analisis tematik digunakan untuk menganalisis transkripsi wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa umumnya menghadapi masalah seperti kata-kata asing, kurangnya kosakata, dan kesulitan memahami kalimat saat membaca novel. Oleh karena itu, mahasiswa menggunakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut, seperti membuat catatan, memberi menandai kata, menebak kata-kata, dan seringnya membaca. Kata kunci: Kelas Membaca Ektensif, Novel-Reading, Masalah dan Solusi Siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:53
Last Modified: 06 Mar 2024 01:53
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/12246

Actions (login required)

View Item View Item