SUKMA, RIFA SALSABILLA (2023) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE LEARNING SYSTEM (AILS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01. COVER.pdf Download (18kB) |
|
Text
02. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (126kB) |
|
Text
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (96kB) |
|
Text
06. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (10kB) |
|
Text
04. ABSTRAK.pdf Download (11kB) |
|
Text
05. KATA PENGANTAR.pdf Download (58kB) |
|
Text
07. DAFTAR ISI.pdf Download (181kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (63kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (9kB) |
|
Text
08. BAB 1.pdf Download (109kB) |
|
Text
09. BAB 2.pdf Download (932kB) |
|
Text
10.BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
11. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (438kB) |
|
Text
12. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap hasil belajar peserta didik dan kemampuan literasi sains kelas X MIPA di SMA Negeri 5 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2022/2023. Metode penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian the matching Only Posttest Only Control Group Desain. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MIPA SMA Negeri 5 Tasikmalaya sebanyak 7 kelas yang berjumlah 251 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan sampel yang digunakan yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik sebanyak 72 orang. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan kemampuan literasi sains berupa tes dengan jumlah sebanyak 26 soal untuk mengukur hasil belajar yang mengacu ke dalam indikator C1, C2, C3, C4, dan C5, kemudian 28 soal untuk mengukur kemempuan literasi sains. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Analysis of Covariat (ANCOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,003 dari penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Artificial Intelligence Learning System (AILS) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dan Kemampuan Literasi Sains Pada Materi Ekosistem. Kata Kunci: Problem Based Learning, Artificial Intelligence Learning System, Hasil Belajar, Kemampuan Literasi Sains
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 01:33 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 01:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11993 |
Actions (login required)
View Item |