APNI, ISTIAROH (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT TEAMS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA MATERI HAKIKAT DAN RUANG LINGKUP ILMU SEJARAH DI KELAS X BDP SMK YAPSIPA TASIKMALAYA SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2023/2024. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (64kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (283kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (197kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (233kB) |
|
Text
8. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (34kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text
6. ABSTRACT.pdf Download (31kB) |
|
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf Download (38kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
|
Text
10. DAFTAR TABEL.pdf Download (56kB) |
|
Text
11. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (29kB) |
|
Text
12. DAFTAR BAGAN.pdf Download (27kB) |
|
Text
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (31kB) |
|
Text
14. BAB I.pdf Download (112kB) |
|
Text
15. BAB II.pdf Download (385kB) |
|
Text
16. BAB III.pdf Download (284kB) |
|
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
|
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text
20. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Microsoft Teams terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Indonesia materi hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah di kelas X BDP SMK YAPSIPA Tasikmalaya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode True Eksperimental dengan bentuk penelitian pretest posttest control group design. Sampel ini adalah seluruh siswa kelas X BDP SMK YAPSIPA Tasikmalaya sebanyak 18 orang siswa, dengan menggunakan angket sebagai instrument penelitian. Hasil penelitian yang sudah didapatkan di kelas X BDP menunjukan adanya peningkatan terhadap minat belajar siswa dengan rata�rata pretest adalah 66,44, kemudian terjadi peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media Microsoft Teams dengan perolehan nilai rata-rata posttest 72,33. Teknik analisis data yang digunakan berupa Uji Validitasi, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis. Hasil uji hipotesis yang didapatkan adalah sig (2-tailed) 0,008 < 0,05 yang mana dapat disimpulkan ada perbedaan nilai rata-rata yang berarti terdapat pengaruh media Microsoft Teams dengan minat belajar siswa kelas X BDP. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara media pembelajaran Microsoft Teams terhadap minat belajar siswa di kelas X BDP SMK YAPSIPA Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Kata Kunci: Microsoft Teams, Minat Belajar, Pembelajaran Sejarah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 08:59 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 08:59 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11988 |
Actions (login required)
View Item |