Sajili, Muhamad (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGANALISIS STRUKTUR, KEBAHASAAN DAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN RAFT (Role, Audience, Format, Topic) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas X SMA Negeri 1 Caringin Kabupaten Bogor Tahun Ajaran 2020/2021). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (44kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (219kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (241kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (124kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (130kB) |
|
Text
6. DAFTAR ISI.pdf Download (283kB) |
|
Text
7. BAB I.pdf Download (203kB) |
|
Text
8. BAB II.pdf Download (249kB) |
|
Text
9. BAB III.pdf Download (258kB) |
|
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (116kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
Text
13. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Menganalisis struktur, kebahasaan dan mengonstruksi teks laporan hasil observasi merupakan dasar yang harus dimiliki peserta didik kelas X berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Namun pada kenyataannya, masih banyak peserta didik kelas X IPS 4 di SMA Negeri 1 Caringin Kabupaten Bogor tahun ajaran 2020/2021 yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya strategi pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic) meningkatkan kemampuan peserta didik kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Caringin Kabupaten Bogor tahun ajaran 2020/2021 dalam menganalisis struktur, kebahasaan dan mengonstruksi teks laporan hasil observasi. Penelitian Tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik dari siklus kesatu ke siklus kedua. Siklus kesatu pada aspek pengetahuan terdapat sebanyak 10 (27%) peserta didik yang mencapai KKM, sedangkan yang belum mencapai KKM sebanyak 26 (73%). Pada aspek keterampilan terdapat sebanyak 13 (37%) yang mencapai KKM, sedangkan peserta didik yang belum mencapai KKM sebanyak 23 (63%). Pada siklus kedua, pada aspek pengetahuan maupun aspek keterampilan semua peserta didik yang berjumlah 36 orang (100%) berhasil mencapai KKM. Hasil uji normalitas data menganalisis struktur, kebahasaan dan mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada siklus kesatu dan siklus kedua data berdistribusi tidak normal, sehingga untuk menghitung uji beda digunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa W hitung (0) ˂ W tabel (0,01). Data tersebut menunjukkan bahwa hipotesis Tindakan penelitian diterima. Artinya, strategi pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis struktur, kebahasaan dan mengonstruksi teks laporan hasil observasi pada peserta didik kelas X IPS 4 SMA Negeri 1 Caringin Kabupaten Bogor tahun ajaran 2020/2021
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Feb 2024 01:56 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 01:56 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/11963 |
Actions (login required)
View Item |